Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

IKA-PMII Manado Tolak Kenaikan Harga BBM

Tonny Sumakul   |   28 Maret 2012 – 20:22 WITA

MANADO (manadotoday.com) – Penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terus saja terjadi. Kali ini dari Ikatan Alumni Pergerakan Masiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) cabang Manado, yang menentang keras akan kenaikan harga BBM.
“Kenaikan harga BBM ini, merupakan kebijakan yang tidak pro-rakyat dari pemerintah. Apapun dalil dari pemerintah mulai dari alasan akan terjadi defisit anggaran negara, melanggar UU Keuangan Negara, penyesuain dengan pergerakan kenaikan harga minyak dunia, yang nota bene ke semua alasan pemerintah itu, adalah mendorong pencabutan subsidi kepada rakyat kecil,” ketus Ketua Umum IKA-PMII Manado Irving Kurniawan.
Kata dia, pencabutan subsidi itu, bukan satu-satunya jalan keluar untuk mencegah kebangkrutan Negara, yang selama ini menjadi alasan pemerintah mengambil kebijakan menaikan harga BBM.
“Subsidi BBM adalah subsidi tak langsung. Artinya bukan bensin, solar dan minyak tanah itu sendiri, yang mempunyai arti. Subsidi BBM itu, menopang daya beli masyarakat. Jadi, kalau subsidi dicabut, daya beli masyarakat akan jatuh,” tegas Kurniawan lagi.
Lanjutnya menyampaikan, bahwa bahan bakar merupakan komponen setiap barang dan jasa, yang kita konsumsi sepertihalnya pangan, sandang, perumahan, obat-obatan, dan layanan pendidikan.
“Kalau subsidi dihapus, maka harga pangan, sandang, perumahan, obat dan layanan pendidikan meningkat drastis. Orang miskin akan semakin sulit menjangkau kebutuhan pokok dan layanan dasar yang harganya melambung,” kata Kurniawan.
Hal senada juga dikatakan Sekretaris Umum IKA-PMII Manado, Junaidi Maskromo. Menurutnya, menyatakan bahwa kenaikan harga BBM itu, adalah bentuk penghianatan pemerintah kepada rakyat.
“Indonesia adalah salah satu negara pengekspor minyak. Namun kenapa kita harus menjadi juga pengimpor minyak yang menyebabkan rakyat kesulitan,” tegas Maskromo. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading