Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Ikan Dijual ke Luar Daerah dan Luar Negeri

Aldy Monareh   |   23 Oktober 2011 – 11:04 WITA

Terkait Lonjakan Hasil Tangkapan

Manadotoday.com, Bitung – Melonjaknya bahan baku ikan dua bulan belakangan hingga membuat perusahaan banyak yang menolak melakukan pembelian karena telah over kapasitas, membuat Unit Pengelola (UP) hasil tangkapan ikan harus putar otak dengan menjual Ikan ke luar daerah dan luar Negeri agar tidak merugi.

”Saat ini hasil tangkapan Ikan mencapai 700 ton per hari, sementara Perusahaan yang ada di Kota Bitung hanya mampu membeli hingga 300-400, ton, jadi sisanya terpaksa harus di jual ke luar,” ujar Kepala Asosiasi Kapal Perikanan Nasional (AKPN) Bitung Rudy Walukow SH MH.

Sejumlah daerah di Indonesia yang dituju kata Walukow, adalah Jakarta, Surabaya, dan beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan untuk luar Negeri yang paling banyak dituju adalah Jepang dan Thailand.

”Karena Perusahaan tidak mampu mengcover, usaha Perikanan Tangkap terpaksa menjual ke luar daerah dan luar Negeri. Dan ini sudah berlangsung hampir sebulan,” ujarnya.

Terkait harga ikan karena hasil tangkapan membooming, kata Walukow mengikuti mekanisme pasar dengan menganut hukum ekonomi.

”Banyak barang berarti harga turun, karena itu hukum Ekonomi,” ucapnya.

Meski begitu Ia berkeyakinan harga saat ini per Kg-nya tidak akan turun drastis dibawah sepuluh ribu seperti beberapa tahun lalu yang mencapai hingga Rp 6 Ribu.

”Untuk harga saat ini kemungkinan akan tetap stabil pada kisaran 10-13 Ribu,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading