Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Industri Rumah Panggung Woloan, Potensial PAD yang Belum Tergarap

Ardi Kalumata   |   10 September 2012 – 19:34 WITA
Rumah panggung woloan

Rumah panggung Woloan yang telah laku dijual dan sementara diangkut

TOMOHON, (manadotoday.com) – Industri Rumah Panggung di Woloan Tomohon Barat Kota Tomohon Sulawesi Utara memang sudah terkenal di dunia. Hampir seluruh belahan dunia telah ada rumah panggung ini. Hanya saja, hingga saat ini, belum ada sepeserpun yang masuk sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan, instansi teknis yang berhubungan dengan rumah panggung.

Menurut pengakuan sejumlah pengusaha, pihaknya memang menyetor uang minimal Rp 500 ribu setiap kali menjual rumah. Namun, itu hanya diambil oleh oknum pejabat di Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

”Kami membayar sejumlah uang. Entah diapakan uangnya kami tidak tahu. Sebab, setelah kami cek, Dinas Kehutanan dan Perkebunan tak ada pembebanan PAD,” ungkap para pengusaha.

Menanggapi masalah ini, Willem M Ardian dan James H Timbuleng SIP, warga Kota Bunga meminta kepada Pemkot Tomohon agar menetapkan PAD bagi Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

”Ini PAD yang hanya masuk kantung pejabat. Coba hitung jumlah rumah yang dijual pertahun. Jika tiap rumah minimal lima ratus ribu rupiah, berarti ada puluhan bahkan ratusan juta potensi PAD yang hanya masuk kantung oknum pejabat di Dinas Kehutanan dan Perkebunan,” ketus keduanya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading