Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nasional, Press Release

Inilah Hasil Keterangan Pers BP POM RI Tentang Penarikan Produk Mi Instan Indonesia

Redaksi Manado Today   |   13 Oktober 2010 – 15:08 WITA

Nomor : HM.04.01.1.23.10.10.9695.
Tanggal 11 Oktober 2010

Berkaitan dengan informasi di media cetak maupun media elektronik tentang penarikan produk mi Instan produksi Indonesia BP POM RI memandang perlu menyampaikan informasi kepada masyarakat sebagai berikut :

1.Di Indonesia,penetapan suatu regulasi dan persyaratan keamanan,mutu dan gizi produk pangan olagan mengacu pada persyaratan Internasional yaitu Codex Allmentarius Commission (CAC) dan berdasarkan kajian risiko.

2.Di Indonesia penggunaan bahan tambahan pangan diatur dalam peraturan MenKes No 722/Menkes / Per/IX/88 tentang bahan tambahan makanan.Salah satu bahan tambahan pangan yang diatur adalah Nipagin (Methyil p- hydroxybenzoate) yang berfungsi sebagai pengawet dengan batas maksimum penggunaan.

3.Dalam produk kecap,batas maksimum penggunaan yang diijinkan adalah 250mg/kg.Dalam makanan lain kecuali daging,ikan dan unggas batas maksimum penggunaan adalah 1000 mg/kg.

4.Badan POM dalam melindungi kesehatan masyarakat secara periodik melakukan sampling dan pengujian produk pangan yang beredar dipasaran termasuk mi instant.Hasil pengujian dalam Lima tahun terakhir terhadpap kecap yang ada dalam produk mi instan tidak ditemukan adanya kandungan nipagin yang melebihi batas maksimum yang diijinkan.

5.Dari kajian persyaratan dibeberapa negara seperti Canada, USA batas maksimum penggunaan Nipagin dalam pangan yang diijinkan adalah 1000 mg/kg.Sedangkan di Singapura dan Brunei Darusalam batas maksimum penggunaan dalam kecap 250 mg/kg dan di HongkongSebesar 55m mg/kg.

6. Dengan demikian,produk mi instan yang terdaftar di Indonesia dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

7.Dihimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menhubungi unit layanan pengaduan konsumen (ULPK) Badan POM dengan no telp 021-4263333 dan 021-32199000 atau email ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau layanan informasi konsumen diseluruh balai besar/balai Pom di seluruh Indonesia.

Demikian penjelasan ini kami sampaikan untuk diketahui sebagaimana mestinya

Balai Pengobatan Obat dan Makanan RI,
Kepala
Dra Kustantinah,Apt M App Sc.
NIP. 19511227 198003 2 001

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading