Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline

Inilah Aktor Dibalik Kesuksesan WTP Pemprov Sulut

Redaksi Manado Today   |   30 Juli 2010 – 22:08 WITA

Manado Today – Pujian peraihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Pemprov Sulut, baik itu dari pemerintah provinsi lain dan juga Pemerintah pusat hingga kini terus dilayangkan ke Gubernur Sulut Drs Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

Dibalik magis SHS ternyata  ada salah satu figur yang menjadi aktor penting hingga sistem keuangan Pemprov Sulut menjadi yang terbaik di Indonesia dan meraih opini pengelolahan keuangan tertinggi dari BPK RI tersebut.

Adalah Kepala Biro Keuangan Setdaprov Sulut, Praseno Hadi SE Ak, yang juga berperan penting hingga Sulut mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, yakni unqualified opinion or WTP award.

Menurut Praseno sapaan akrabnya kepada wartawan, memang capaian diraihnya WTP ini dilakukan dalam lima unsur. Diantaranya yakni, komitmen, fungsi, pembenahan sistem dan prosedur, sumber daya manusia (SDM), serta pengawalan proses perencanaan dan pengawasan.

“Lima faktor itu yang menentukan diraihnya WTP,” katanya.

Ia menjelaskan lagi, capaian ini juga ditentukan oleh adanya komitmen dari Kepala Daerah dalam hal ini Sinyo Harru Sarundajang, sebab pemegang kekuasaan keuangan tertinggi yakni kepala daerah.

“Salah satu langkahnya, Gubernur memberikan wewenang pengelolahan keuangan kepada saya. Dan itu dilakukan secara verifikasi, perbendaharaan, dan juga akuntansi,” kata mantan pegawai di BPK ini.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah membentuk biro keuangan kecil di masing-masing SKPD, untuk memanajemen keuangan di masing-masing SKPD yang ada.

“Jadi disini, Kepala Daerah atau kepala SKPD, tidak bisa seenaknya untuk memakai uang, tanpa sepengetahuan administrasi,” pungkasnya. (Ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading