Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Inilah Sambutan Gubernur Sulut untuk Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriah

Tonny Sumakul   |   21 Juli 2012 – 14:28 WITA
Sinyo Harry Sarundajang

Gubernur Sulut, Dr. Sinyo Harry Sarundajang

MANADO, (manadotoday.com) – Sudah menjadi agenda Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), memberikan sambutan di setiap perayaan hari besar Kenegaraan ataupun hari besar Agama.

Terkait perayaan Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriah tahun 2012 ini, Sarundajang juga memberikan sambutan untuk seluruh umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

Inilah sambutan Sarundajang, untuk Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriah.

Saudara-saudara umat Islam di Sulawesi Utara yang berbahagia,

Asslammu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh,

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanna Wata’alah, dan mengucapkan syukur Alhamdulillah, karena atas rahmat dan karuniaNya, mulai tanggal 1 bulan Ramadhan 1433 Hijriah tahun 2012 (hari ini), umat Islam melaksanakan salah satu kewajiban agama yakni menunaikan ibadah puasa.

Mengiringi nuansa kebahagiaan ini, saya mengajak seluruh umat Islam di Sulawesi Utara untuk menjalankan bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah dengan penuh syukur, dan dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai.

Oleh karena itu selaku Gubernur, juga atas nama pribadi, keluarga dan masyarakat, saya menyampaikan ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433 Hijriah tahun 2012, kepada saudara-saudaraku umat Islam yang ada di bumi Nyiur Melambai, semoga ibadah di bulan suci Ramadhan ini akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian, pengharapan dan kesejahteraan bagi seluruh umat dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan sang pencipta.

Saudara-saudaraku kaum Muslimin dan Muslimat yang Berbahagia,

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dengan berbagai kelebihan dan keutamaan yang besar, karena merupakan bulan yang penuh rahmat bagi umat Islam. Disamping itu, merupakan perwujudan rasa solidaritas kepada umat dan rasa Ukhuwah yang berdasarkan iman kepada Tuhan yang maha kuasa. Hal penting lainnya, bahwa bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketaqwaan. Menimbulkan rasa cinta kepada keadilan dan persamaan derajat umat manusia, memperbanyak amalan, serta mempererat hubungan kasih sayang dengan sesame umat Muslim dan umat manusia. Itulah sebabnya, bulan suci Ramadhan tidak sekedar sebagai ritual keagamaan saja, tetapi merupakan media untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanna Wata’alah.

Menjadi semakin indah dan bermakna bagi seluruh umat Islam, apabila bulan suci Ramdhan dimaknai pula sebagai kesempatan emas untuk saling memaafkan, saling memberi hormat, sekaligus sebagai wahan pembaharuan diri melalui pikiran dan tindakan yang mulia, luhur dan berkenan kepada sang pencipta, yang teraktualisasi nyata melalui perbuatan amal, seperti memberikan sedekah kepada fakir miskin, member bantuan kepada orang-orang yang tertimpa bencana dan yang membutuhkan pertolongan, serta perbuatan baik lainnya.

Karena itu, untuk menyambut bulan suci Ramadhan pada besok hari, maka saya mengharapkan kepada saudara-saudaraku kaum Muslimin dan Muslimat di Provinsi Sulawesi Utara untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-sebaiknya, baik lahir maupun bathin, agar ibadah puasa dapat dilaksanakan secara sempurna, serta dapat mengaktualisasikan hakekat makna ibadah puasa dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada masyarakat Sulawesi Utara yang tidak melaksanakan ibadah puasa, kiranya dapat menunjukan toleransi yang tinggi, dengan menghormati dan menghargai saudara-saudara kita umat Islam yang akan melaksanakan ajaran agamanya. Mari bersama-sama kita tunjukan, bahwa Sulawesi Utara dibangun dan berfondasikan suasana keleluargaan dan kebersamaan dalam semangat” Torang Samua Basudara”. Karena itu, saya mengajak kita semua untuk saling mendoakan, saling membantu dalam ketulusan, saling menghormati dan menghargai berbagai perbedaan. Jagalah kerukunan yang sudah kita bina selama ini sambil tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan kita.

Selanjutnya, melalui kesempatan ini, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama Islam dan seluruh umat Islam di Provinsi Sulawesi Utara, atas kontribusinya dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai, sehingga pada beberapa waktu lalu, saya sebagai gubernur Sulawesi Utara dianugerahkan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, atas kerja dan karya membangun harmonisasi kehidupan masyarakat di tengah-tengah Pluralitas bangsa dan daerah.

Penghargaan ini, merupakan penghargaan bagi kita semua, penghargaan bagi pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara, yang sekaligus semakin memantapkan eksistensi kita, eksistensi Sulawesi Utara sebagai Barometer Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.

Saudara –saudara yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, sekali lagi, selaku gubernur, serta atas nama pribadi, keluarga dan masyarakat Sulawesi Utara, saya menyampaikan ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433 Hijriah Tahun 2012 kepada saudara-saudaraku umat Islam yang ada di bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara.

Terima Kasih,
Wassalammu’ Alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh.

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading