Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Inilah Tiga Faktor Penyebab Harga Kopra di Sulut Anjlok

Staff Manado Today   |   24 Juni 2011 – 22:28 WITA

Manado Today – Harga kopra di Sulawesi Utara sungguh memiriskan. Betapa tidak, awal bulan harga ini komoditi andalan itu masih ada dikisaran Rp 8000,-, kini, anjlok hingga menyentuh Rp 6800,-.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Janny Rembet, faktor anjloknya harga kopra disebabkan beberapa faktor global.

“Pertama, dampak harga di pasar internasional yang cenderung melorot, kedua, pengaruh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, dan ketiga, penurunan harga minyak mentah di pasar internasional,” ujar Janny.

Lebih lanjut kata pria low profile ini, pelemahan harga minyak di pasar internasional, sangat berpengaruh pada harga kopra dikarenakan komoditas itu setelah diolah menjadi minyak kelapa kasar langsung diekspor untuk kebutuhan biodiesel. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading