Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Inspektorat Manado Perlu Perdalam UU Keterbukaan Informasi Publik

Aldi Mawitjere   |   19 April 2012 – 07:56 WITA
Inspektorat Manado

Inspektorat Manado AA Kewas

MANADO, (manadotoday.com) — Keterbukaan informasi publik yang diatur dalam undang-undang nomor 14 tahun , yang mulai diterapkan April 2010 perlu diperdalam Inspektorat Manado. Hal ini membuktikan apa yang didengungkan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley AB Mangindaan, ternyata belum sepenuhnya dijabarkan para pejabat di Pemkot Manado.Terbukti dihampir setiap kegiatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pemkot Manado, Inspektorat yang adalah penyelengara teknis justru melarang wartawan untuk melakukan peliputan. Seperti halnya sosialisasi gratifikasi di Pemkot Manado oleh KPK baru-baru di ruang toar lumimuut.

“Saya diinstruksikan pak Inspektorat kalau wartawan tidak bisa meliput. Kegiatan ini tertutup,”ujar salah satu staff Inspektorat kepada wartawan yang langsung menutup pintu ruangan tersebut. “Iya benar. Kegiatan ini tertutup bagi wartawan,”tambah PNS lainnya lagi.

Tak pelak, sikap tersebut mengundang seribu tanya dari kalangan wartawan yang sehari-harinya melakukan peliputan di Pemkot Manado, terhadap kinerja Inpektorat yang seakan-akan menyimpan sesuatu hal tak bisa dipublikasikan ke masyarakat.

“Inspektorat melarang wartawan melakukan peliputan bukan baru kali ini. Mungkin inspektorat lebih memperdalam lagi UU keterbukaan informasi publik,”ujar wartawan Pemkot Manado Jan, Ivan dan Agus.

Sementara itu, Kewas sendiri yang sempat dikonfirmasi pun menegaskan, untuk hasil kegiatan KPK ini bisa melalui humas.

“Nanti lewat humas apa yang dibicarakan di kegiatan ini,”singkat Kewas.

Menariknya, salah satu personil KPK yang menjadi pembawa materi kegiatan tersebut yang sempat ditanya wartawan, justru membantah kalau ada larangan peliputan wartawan akan kegiatan KPK. “Kegiatan ini tidak tertutup. Masa KPK tertutup,”ujarnya sembari berlalu menuju ke kamar kecil.

Untuk diketahui, sulitnya mendapatkan informasi terkait dengan kegiatan yang dilangsungkan oleh Inspektorat Manado, memang bukan kali ini terjadi. Pada beberapa waktu lalu, ketika pembahasan program senin tuntas baik itu dilangsungkan di ruang Serba Guna dan Toar Lumimuut Pemkot Manado, tak kurang dari 2 personil Sat Pol PP menjaga setiap pintu masuk ruang tersebut. Dan mereka beralasan kalau ini adalah instruksi Inspektorat melarang wartawan meliput kegiatan tersebut.(ald)

 

 

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading