Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Internasional

Internasional Bahas Peningkatan Ancaman Perompakan di Laut

Redaksi Manado Today   |   17 April 2011 – 10:48 WITA

Dubai Today – Para pemimpin industri, menteri luar negeri dan pakar independen akan bertemu di Dubai, Senin, untuk pembicaraan mengenai perompakan di laut, ketika serangan mencapai rekor jumlahnya meskipun ada upaya internasional untuk menghentikannya.
Konferensi “Tantangan Global, Tanggapan Regional: Menempa Pendekatan Bersama pada Perompakan Bahari” itu memusatkan perhatian pada “ancaman perompakan yang meluas dan cara-cara kerja sama untuk memberantasnya”, demikian isi satu pernyataan.
Prakarsa pemerintah dan swasta untuk menghadapi dampak yang merusak dari perompakan terhadap sandera dan juga ancaman yang ditimbulkan terhadap perdamaian dan keamanan secara internasional direncanakan dibicarakan, kata pernyataan itu. Menurut penyelenggara, wakil dari 50 lebih negara akan menghadiri konferensi itu.
Konferensi itu dijadwalkan diadakan hanya beberapa hari setelah lembaga pengawas bahari, Biro Maritim Internasional (IMB), mengatakan bahwa serangan perompak di seluruh dunia dalam tiga bulan pertama 2011, yang digerakkan oleh perompak Somalia, adalah yang tertinggi –yakni mencapai 142 serangan.
“Jumlah perompakan dan perampokan bersenjata di laut dalam tiga bulan terakhir lebih tinggi dari yang pernah kita catat dalam perempat pertama tahun lalu,” kata Pottengal Mukundan, direktur Pelaporan Perompakan IMB, yang telah mengawasi insiden di seluruh dunia sejak 1991.
Seluruhnya 97 serangan telah dicatat di lepas pantai Somalia pada perempat pertama itu, meningkat dari 35 dalam periode yang sama tahun lalu, kata laporan IMB.
Di seluruh dunia, penjahat di laut yang merusak telah membajak 18 kapal dan menangkap 344 anggota awak sebagai sandera, serta menculik enam pelaut dari kapal mereka. Sebanyak 45 kapal lagi dilaporkan telah ditembaki.
Pasukan angkatan laut internasional telah melakupan upaya bersama menghadapi perompak Somalia, yang bertanggung jawab atas sebagian besar serangan perompakan, selama dua tahun labih.
Pasukan Gugus Tugas Gabungan 151, pasukan antiperompakan di bawah Pasukan Maritim Gabungan yang bermarkas di Bahrain, dibentuk pada Januari 2009, sementara misi antiperompakan Operasi Atalanta Uni Eropa telah dimulai sebulan sebelumnya.
Pasukan NATO juga mulai melakukan operasi antiperompakan pada 2008, sementara negara-negara yang mencakup Rusia, China, India dan Iran telah mengerahkan secara independen kapal-kapal untuk misi seperti itu.
Tapi mereka semua menghadapi serangkaian tantangan termasuk mematroli laut luas, kesulitan dalam mengusut perompak dan kurangnya struktur komando yang menyatukan untuk mengkoordinasikan upaya-upaya tersebut.
Somalia telah kehilangan pemerintah yang stabil dan dicabik oleh perang saudara sejak tergulingnya presiden Mohamed Siad Barre pada 2991. Dan di sebuah negara yang kekurangan sekali kesempatan, perompakan dapat menciptakan hari bayaran (gaji bulanan) yang sangat besar.
Misalnya, perompak Domalia mengatakan, Selasa, bahwa mereka telah menerima 5 juta dolar untuk membebaskan MV Thor Nexus, kapal barang Thailand yang dibajak pada 25 Desember lalu.
Uni Emirat Arab, negara Arab Teluk kecil dan kaya minyak, tempat konferensi perompakan ini, telah berhadapan langsung belum lama ini dengan perompak, ketika pasukan khususnya pada 2 April lalu membebaskan sebuah kapal milik Abu Dhabi yang dibajak oleh perompak di timur Oman di Laut Arab. (ant/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading