Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Investasi di Sulut Bebas Pungli

Staff Manado Today   |   12 Agustus 2011 – 15:58 WITA

Manado Today – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melarang pungutan liar terhadap investor di daerah ini.

“Salah satu langkah maju yang ditempuh Pemprov Sulut, yakni dengan memangkas semua pungutan atau retribusi yang tidak relevan. Pungutan-pungutan seperti ini ternyata hanya membebankan investor ketika mereka mengurus persyaratan usahanya,” ujar Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, di Manado.

Menurut Sarundajang, potensi perikanan daerah ini tergolong besar dan masih berpotensi untuk dikembangkan lagi. Begitupun dengan sektor agrobisnis. Di sektor ini, produk kelapa, pala, cengkih dan vanili cukup menjanjikan.

“Iklim usaha di sini (Sulawesi Utara) berkembang lebih maju karena ditopang dengan sumberdaya alam,” ujarnya.

Gubernur pilihan rakyat ini mengatakan, terbukanya iklim investasi diharapkan bisa menopang produksi sumber daya alam sehingga bisa berkembang lebih baik. Investor akan merasa tidak nyaman, apabila iklim investasi berbelit-belit dan menyusahkan.

“Karena itu, pungutan atau retribusi yang tidak perlu akan kami pangkas. Bila ini dibiarkan akan menimbulkan ketidaknyamanan investor menanamkan investasinya di Sulawesi Utara,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah provinsi akan terus menopang pertumbuhan sektor usaha kecil dan menengah sehingga bisa berkembang lebih maju. Persoalan manajemen usaha dan permodalan akan disehatkan sehingga investasi bisa mengalir deras.

“Kita terus melakukan sosialisasi tentang kemudahan-kemudahan berinvestasi di daerah ini. Ini penting. Ketika investor tahu bahwa pemerintah menjamin kenyamanan berinvestasi, dengan sendirinya sektor usaha akan tumbuh subur,” katanya.

“Sekali lagi investor tidak akan dibebani dengan pungutan-pungutan yang tidak relevan dan menghambat mereka berinvestasi di daerah ini. Semua instansi terkait di pemerintah provinsi akan menopang kemudahan berinvestasi,” katanya.

Sementara itu, menurut Kabag Humas Pemprov Sulut Christian Sumampouw, terobosan yang dilakukan pemerintah provinsi lewat Gubernur Sinyo H Sarundajang diapresiasi positif Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Mari Elka Pangestu.

“Menteri mengaku salut dengan terobosan yang dilakukan gubernur dalam upayanya memajukan perekonomian di Sulawesi Utara,” katanya.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading