Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Manado

Investor Jepang Tertarik Sampah di Manado

Aldi Mawitjere   |   18 April 2012 – 08:07 WITA
investor jepang di Manado

Sekkot manado bersama jajaran menerima investor jepang di ruang kerja Walikota Manado

MANADO, (manadotoday.com) – Penanganan sampah di Kota Manado, menjadi persoalan serius pemerintah saat ini. Gayung bersambut, investor Jepang tertarik dengan sampah yang ada di Kota Manado, untuk dikelola menjadi bahan bakar minyak jenis solar.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Julises Oehlers SH, yang dikonfirmasi manadotoday membenarkan akan hal tersebut.

“Investor Jepang datang menawarkan teknologi mesin penghancur sampah kepada pemerintah Kota. Dan kali ini untuk yang kedua kali setelah mereka melakukan penijauan dan pemantauan di lapangan waktu lalu,”ujar Oehlers.Lanjut dikatakan Oehlers, jika rencana kerjasama ini berlanjut, volume sampah yang terurai akan lebih sedikit dan terminimalisir.

“Nantinya, berdasarkan teknologi yang ditawarkan investor Jepang ini, sampah yang biasanya membumbung tinggi di TPA akan terminimalisir dengan pengelolaan teknologi modern. Jadi sampah yang akan terurai tidak seperti yang ada saat ini,”terang mantan Kabag Hukum dan Kabag Aset tersebut.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, tak menapik akan pengusaha asal Jepang tersebut. Menurutnya, teknologi yang ditawarkan memang sangat luar biasa, akan tetapi masih dalam tahap pembicaraan.

“Ya, pengusaha Jepang menawarkan teknologi penghancur sampah. Dan menurut keterangannya sampah yang dihancurkan tersebut bisa menghasilkan bahan bakar minyak jenis solar. Hal ini bisa saja kita gunakan, karena TPA Sumompo diperkirakan tinggal 5 tahun digunakan. Jadi tawaran teknologi ini adalah gayung bersambut dengan upaya Pemkot saat ini,”jelas Lumentut.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading