Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Investor Kelapa Sawit Bidik Mitra Untuk Pengembangan

Staff Manado Today   |   7 Juni 2011 – 17:11 WITA

Ratahan Today – Potensi alam dan tanah yang subur yang dimiliki Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Buktinya salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi kelapa sawit, telah mempresentasikan pengembangannya di hadapan pemerintah dan masyarakat Mitra.

Presentasi yang merupakan bagian dari sosialisasi ini, menurut Direktur PT Karunia Kasih Indah (KKI) Dwicipto, pihaknya melakukannya karena tertarik dengan struktur tanah yang ada di Kabupaten Mitra, yang mempunyai kemiripan dengan yang ada di Sumatera.

“Pertama kami menilai dari aspek struktur tanah disini subur, kedua dari aspek klimatologi tanah dan struktur masyarakat menjadi satu dan dibuat jadi studi kelayakan, untuk itu keputusan kami Kabupaten Mitra layak untuk pengembangan usaha, dan dengan alasan itu kami sosialisasikan,” ujar Dwicipto.

Lebih lanjut dikatakan Dwicipto, pihaknya ingin bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah daerah untuk pengembangan usahanya.

“Ini juga tergantung masyarakat yang akan mempertimbangkannya. Dan kita butuh sekitar 3000 Hektar lahan, untuk kebunnya, sedangkan untuk hutan sesuai aturan kita hanya bisa melakukannya di hutan produksi konversi,” jelasnya, sembari menambahkan, sistim pembagiannya 80-20 untuk masyarakat.

Sementara itu Pemkab Mitra melalui Asissten II Ir Hanny Roring, menyambut positif rencana tersebut.

“Pemerintah hanya sebagai fasilitator dan mediator, sebab pemerintah selalu menitikberatkan pada kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Selain Asissten II, hadir mengikuti presentasi yang digelar di Gedung Wale Wulan Lumintang Asisten III Dra Feybe Rondonuwu MSi, Kepala Bappeda Ir Moddy Rondonuwu MT, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Ir Djoni Ronsul, Kabag Humas Drs Esra Sengkey Msi, Camat, Kumtua dan Gapoktan, serta Tokoh Masyarakat (Tokmas) Mitra.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading