Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Irigasi Sangkup Dapat Aliri 2000 Hektare Areal Sawah

Staff Manado Today   |   17 Juni 2011 – 19:56 WITA

Manado Today – Irigasi Sangkup di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), ternyata dapat mengairi areal sawah sekitar 2.000 hektare di daerah tersebut, jika pengerjaannya tuntas pada tahun ini. Hal itu disampaikan Ketua Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Sulut, Sherpa Manembu, usai meninjau proyek irigasi itu.

Kehadiran proyek yang dibangun melalui dana APBN itu, menurut Manembu, sangat dibutuhkan di daerah sebagai upaya menciptakan sistem ketahanan pangan yang optimal. Sebab, sesuai rencana, proyek irigasi ini akan mengairi persawahan seluas 1.050 hektare yang akan masuk melalui sangkup kanan, serta sekitar 1.030 untuk Sangkup kiri, sehingga total ada sekitar 2000 hektare lebih..

“Irigasi yang diprediksikan pembangunan selesai September 2011 itu, kemungkinan besar petani bisa leluasa bekerja di lahan tersebut. Artinya, pengairan ke persawahan diharapkan hasil dari petani akan lebih meningkat dari sebelumnya,” katanya.

Lajutnya menerangkan, pasokan beras terbesar di Sulut berada di wilayah Bolmong Raya, termasuk di dalamnya kabupaten Bolmut, sehingga sistem pengairan harus dioptimalkan.

Terpisah, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sulut FL Kaunang mengatakan, pihak pemerintah daerah telah menargetkan program swasembada beras pada tahun 2012, sehingga permasalahan bagi petani terus dicarikan solusi.

“Salah satu pendukung program swasembada beras adalah proyek irigasi di beberapa tempat, termasuk irigasi Sangkup yang masih dalam pengerjaannya,” pungkasnya. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading