Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Ironis, Selang 2010 Setoran PAD Pantai Lakban Hanya Rp 300 Ribu !

Redaksi Manado Today   |   18 Januari 2011 – 11:17 WITA

Ratahan Today-Pendapatan asli daerah (PAD) dari Pantai Lakban Ratatotok pada 2010 ternyata hanya Rp 300 ribu dan dinilai tidak maksimal akibat pengelolahan yang kurang maksimal, padahal lokasi pariwisata ini merupakan primadona Minahasa Tenggara (Mitra).

Pantai Lakban

Tidak profesionalnya pengelolahan ditandai dengan, pemanfaatan petribusi yang seharusnya masuk ke Kas daerah masih banyak terpakai pada biaya operasional. Menyikapi kondisi ini, muncul desakan agar objek wisata ini dikelolah oleh pihak ketiga.

Informasi yang berhasil dirangkum, asset pariwisata Lakban sejak diserahkan Newmont Minahasa Raya (NMR) ke Pemkab Mitra dan pengelolaannya diserahan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) tidak maksimal dalam menghasilkan dana segar untuk mengembangkan daerah.

Bahkan ketika diserahkan pengelolahannya kepada Kecamatan Ratatotok juga tidak maksimal, sebab baru satu kali melakukan penyetoran PAD yakni pada otober 2010 silam dan sisanya digunakan untuk biaya operasional.

Ketua LSM Gema Mitra Vidy Ngantung sangat menyesalkan akan kinerja para instansi terkait dalam masalah ini. “Assyang sebenarnya dapat menghasilkan dana untuk Mitra, namun alhasilnya terkuras di biaya operasional, ini harus dipertanyakan. Tak masuk akal pendapatannya hanya 10 persen saja. Kalau 60-40, masih bisa ditolelir, dan dipertanggung jawabkan,” ujar Ngantung.

Kadisparbud Mitra Femmy Pengkerego, M.Pd ketika dikonfirmasi, membenarkan jika hanya Rp300 ribu total pendapatan sebulan yang diterima pihaknya. “Itupun hanya bulan Oktober 2010. Dan 90 persen dana pendapatan dialokasikan untuk biaya operasional. Untuk sisanya diinformasikan masih dibuatkan pelaporan,” kata Pangkerego yang didampingi Kabid Objek Wisata Denny Korompis. (evel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading