Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

IRT Dominasi Penderita HIV/AIDS di Bitung

Aldy Monareh   |   12 September 2012 – 07:44 WITA

Hingga Juli 2012 Ditemukan Sebanyak 240 Kasus

Dinas Kesehatan Bitung

Pertumbuhan HIV/AIDS di Kota Bitung, kota berjuluk Kota Cakalang terus meningkat.

BITUNG, (manadotoday.com) – Kota Bitung merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang sangat rentan dengan penyebaran HIV/AIDS. Buktinya, setiap tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data hingga Juli 2012 ditemukan sebanyak 240 kasus HIV/AIDS dan penderitanya didominasi Ibu Rumah Tangga (IRT).

”Selang Januari hingga Juli 2012, ada 29 kasus HIV/AIDS yang ditemukan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bitung dr Vonny Dumingan.

Jumlah penderita HIV/AIDS ini kata Dumingan, bisa saja lebih dari 240 kasus, sebab biasanya kasus seperti ini ibaratnya seperti piramida es, dimana banyak orang yang beresiko terkena penyakit ini enggan melakukan pemeriksaan.

”240 kasus HIV/AIDS yang ditemukan adalah mereka yang memberanikan diri mekakukan pemeriksaan. Dan kecenderungan penderita HIV/AIDS adalah Ibu Rumah Tangga (IRT) yang kemungkinan besar ditularkan oleh suaminya yang sering ‘jajan’ di luar,” ujarnya.Untuk menghindari penularan penyakit yang sangat beresiko dan dapat mengakibatkan kematian ini, langkah antisipasinya adalah menghindari perilaku sex bebas atau jika berhubungan badan dengan istri atau suami sah, serta menghindari penggunakan jarum suntik bekas, dan sebaiknya menggunakan yang benar-benar steril.

”Dan langkah antisipasi lainnya, jika berhubungan badan dengan orang yang beresiko sebaiknya menggunakan kondom,” katanya.

Sementara itu kata Dumingan,  untuk meminimalisir penularan penyakit ini pihaknya saat ini intens melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV/ AIDS di tempat rawan penularan seperti Pub dan tempat prostitusi dan di sekolah.

”Mengingat Bitung merupakan Kota Pelabuhan, jadi sosialisasi di tempat rawan penularan harus intens dilakukan,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading