Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

IRT Dominasi Pengidap HIV/AIDS di Bitung

Aldy Monareh   |   20 Februari 2012 – 08:22 WITA

Januari 2012, Penderita HIV/AIDS Capai 216 Orang

AIDS

Penderita AIDS di Bitung didominasi IRT

Bitung, (manadotoday.com) – Penderita HIV/AIDS di Kota Bitung terus mengalami kenaikan. Saat ini jumlah kasus berdasarkan temuan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) sudah mencapai 216 penderita yang kebanyakan didominasi oleh Ibu Rumah Tangga (IRT).
”Terhitung hingga Januari 2012 sudah ada 216 penderita HIV/AIDS di Kota Bitung,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Bitung Vonny Dumingan melalui Kabid Penanggulangan Masalah Kesehatan dr Ellysabeth Sondakh.
Dibeberkan Sondakh, jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Bitung yang terdata terdiri dari 82 IRT, disusul oleh 80 orang Pekerja Seks Komersil (PSK) dan sisanya adalah karyawan swasta.
”Dan kemungkinan jumlah penderita bisa saja melebihi data KPA, sebab seperti halnya para PSK, banyak yang enggan untuk memeriksakan diri,” terangnya.
Guna penanggulangan penyakit yang mematikan ini, sosialisasi akan terus dilakukan meskipun Pemkot Bitung, tidak menganggarkan dana Guna penanggulangan HIV/AIDS pada APBD 2012, dan hanya akan diberikan dalam bentuk hibah.
”Ssat ini KPA terus bekerjasama dengan LSM yang ada di Kota Bitung dan Provinsi, untuk upaya penanggulangannya,” imbuhya.
Sondakh pun menyarankan untuk menghindari penyakit yang hingga kini belum ditemukan obatnya ini, warga sebaiknya menghindari Sex bebas, jangan gonta-ganti pasangan (jujur dan setia kepada pasangan), gunakan kondom jika hendak berhubungan badan,” saran Sondakh. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading