Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Izin Pertambangan Bakal Diperketat Pemda Bone Bolango

Staff Manado Today   |   18 Juni 2011 – 13:36 WITA

Dituturkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, penyebab banjir bandang selain tingginya curah hujan, rusaknya kawasan hutan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone juga turut berperan dalam terjadinya musibah tersebut.

Gorontalo Today – Sejak terjadinya musibah banjir bandang di delapan desa yang terletak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Pemda setempat bakal memperketat perizinan kawasan pertambangan di wilayah tersebut.

Menurut Hamim, kerusakan hutan disebabkan penebangan liar yang dilakukan sejumlah oknum tidak bertanggungjawab, baik dari cukong kayu maupun masyarakat.

“Itu dibuktikan dengan banyaknya material kayu yang hanyut saat terjadi banjir bandang,” ujarnya.

Ia juga menambahkan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di kawasan taman nasional semakin merajalela sehingga butuh mendapatkan penanganan secepatnya. Dan belajar dari pengalaman tersebut Pemda bakal memperketat pengeluaran izin pertambangan.

“Kita akan memperketat pengeluaran izin dengan memberikan syarat-syarat ketat yang wajib dipenuhi dalam pengoprasian pertambangan,” tegas Hamim.

Syukri Botutihe, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, juga mengatakan bahwa Dinas Pertambangan di daerah tersebut, harus lebih berhati-hati lagi dalam menerbitkan izin, dan harus teliti memperhatikan dampak aktivitas pertambangan dari sang pemohon izin tersebut.

“Untuk ini, urusan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dikesampingkan dulu, yang paling penting adalah dampak aktivitas pertambangan itu nantinya,” ujarnya. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading