Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Totabuan

Jabatan Moha-Mokoagouw Berakhir

Staff Manado Today   |   4 Mei 2011 – 21:41 WITA

Totabuan Today – Jabatan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dijabat Marlina Moha Siahaan dengan wakilnya Sehan Mokoagouw, resmi berakhir pada 5 Mei 2011.Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut Arnold Mononutu, di Manado, Rabu mengatakan, Gubernur Sulut telah mengusulkan nama pelaksana tugas sementara Bupati untuk mengendalikan kepemimpinan dan roda pemerintahan di daerah itu ke Mendagri.

“Hanya saja siapa yang ditetapkan Penjabat Bupati kami belum tahu, karena itu kewenangan Mendagri. Kemungkinan besar namanya sudah turun pada hari-H nanti,” katanya.

Penempatan penjabat bupati nantinya untuk menghindari kevakuman jalannya pemerintahan, sebelum dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Bolmong terpilih pada Pilkada 22 Maret 2011 lalu.

Pemerintah juga banyak mengucapkan terima kasih kepada Marlina Siahaan dan Mokoagouw, dalam menjalankan roda pemerintahan dengan baik, sehingga banyak kemajuan pembangunan yang dicapai.

Apalagi Marlina Siahaan sendiri yang merupakan ketua Partai Golkar Bolmong telah menjabat orang nomor satu di daerah itu selama dua periode, sehingga dinilai banyak sumbangsih terhadap pembangunan di daerah.

Sementara untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati definitif masih ditentukan jadwalnya, karena itu sudah masuk kewenangan pihak DPRD dan KPU Bolmong, nanti Gubernur Sulut SH Sarundajang yang melantik atas nama Mendagri.

Pada Pilkada Bolmong yang digelar 22 Maret 2011 itu, usungan calon Bupati-Wakil Bupati Bolmong dari PDIP yang berkoalisi dengan PDS, PAN dan PKS, Salihi Mokodongan-Yanni Tuuk terpilih untuk periode 2011-2016, dengan memperoleh suara terbanyak dan unggul dari empat calon lainnya.

Data perolehan suara dari KPU setempat bahwa pasangan Mokodongan-Tuuk hingga sekitar 41,06 persen, kemudian Limi Mokodompit – Meidy Pandeiroth (Partai Barnas, Hanura, PKPB, PKB) sekitar 26,78 persen.

Kemudian pasangan MS Binol – Nurhayati Pomo (Jalur Perseorangan) sekitar 1,64 persen, Aditya Didi Moha – Norma Makalalag (Partai Golkar, Demokrat) sekitar 25,49 persen serta Samsurijal Mokoagow – Nurdin Mokoginta (Parpol Non-Parlemen) sekitar 5,02 persen.

Bahkan Pilkada itu sempat dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) guna disidangkan dugaan sengketa dan pelanggaran, namun tidak terbukti dan ditolak pihak lembaga tinggi itu. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading