Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Jago Merah Beraksi, Dua Bangunan di Taratara I Rata Tanah

Ardi Kalumata   |   20 Juni 2012 – 22:22 WITA

TOMOHON (manadotoday.com)—Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Bunga Tomohon Rabu (20/6) sekitar pukul 09:30 Wita di Kelurahan Taratara I Lingkungan II Kecamatan Tomohon Barat.

Peristiwa kebakaran tersebut menimpa dua bangunan yang dihuni tiga keluarga, masing-masing Keluarga Josefine Mongdong-Lengkong, Keluarga Jantje Sondakh-Mongdong serta Keluarga Albert Mongdong-Porong.

Informasi yang dihimpun manadotoday.com menyebutkan, peristiwa kebakaran tersebut diakibatkan api yang ada di dodika  (tempat masak menggunakan kayu api) menjalar ke dinding sehingga membakar seluruh bangunan.

Menurut saksi mata, kayu api yang berada di dodika tersebut yang digunakan sejak malam sebelumnya tidak padam hingga pagi hari. Karena ditiup angina, api terus membesar dan menjalar hingga ke dinding.

Karena bangunan asal api terbuat dari kayu, api dengan cepat menjalar hingga menjilat bangunan semi permanen yang berada di dekatnya. Kencangnya tiupan angin mengakibatkan api dengan cepat menghanguskan kedua bangunan tersebut. Hanya sekitar 20 menit, api telah meratakan kedua bangunan.

Satu unit pemadam kebakaran dan satu tangky air yang diturunkan ke lokasi tiba ketika api telah menghanguskan bangunan.

‘’Sebenarnya, ketika kebakaran terjadi, kami langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran. Namun, karena perjalanan ke lokasi memakan waktu akhirnya begitu tiba bangunan telah hangus terbakar,’’ ungkap Lurah Taratara Ir Rompis Moningka Osak kepada manadotoday.com. Camat Tomohon Barat yang ditemui terpisah menyatakan  keprihatinannya terhadap peristiwa yang menimpa tiga keluarga tersebut. Ia mengimbau agar masyarakat berhati-hari.

‘’Kalau mau tidur malam, periksa dulu semua yang memungkinkan terjadinya bencana kebakaran maupun bencana lainnya. Kalau ada bekas api supaya dimatikan dulu,’’ katanya.

Kapolres Tomohon AKBP Marlien J Tawas SH MH membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran tersebut. Kerugian ditaksir sekitar Rp 500 juta karena selain bangunan, turut terbakar juga cengkih, padi, serta barang berharga lainnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading