Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Hukum dan Kriminal

Jaksa Tolak Permohonan Praperadilan E2L

Redaksi Manado Today   |   10 Agustus 2010 – 15:38 WITA

Manado Today – Dalam lanjutan sidang praperadilan Elly Lasut terhadap Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Manado, pihak Kejati yang diwakili Benny Ratag SH dan Pingkan Gerungan SH menolak semua dalil tuntutan dari pemohon karena menilai eksepsinya kabur.

Dimana alamat yang dicantumkan dalam permohonan tersebut salah, karena dicantumkan alamat Kejati Sulut berada di jalan W.Z Johanes lingkungan IV nomor 24 Wanea yang sebenarnya beralamat di jalan 17 agustus Nomor 70.

Pihak kejati juga menilai penahanan terhadap E2L sudah sah dan berdasarkan ketentuan undang-undang. Berdasarkan pasal 20 ayat (2) KUHAP pihak kejaksaan mmpunyai wewenang dalam melakukan penyelidikan dan penahanan.
Serta berdasarkan pasal 21 ayat (1) KUHAP penahanan tersebut karena yang bersangkutan diduga keras melakukan tindak pidana korupsi dan dalam dakwaan diancam pasal 2 ayat (1) junto pasal 18 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah dirubah dan ditambah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP junto pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup, dan hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun.
Jaksa juga menjelaskan bahwa yang bersangkutan pernah disodorkan untuk menandatangani surat penahanannya namun ditolak oleh E2L disaksikan oleh Kuasa Hukumnya Sammy Manonoma SH.

Hakim yang memimpin sidang ini Aris Bokko SH mengskors sidang ini sampai pukul 15.00 wita untuk replik dari kuasa hukum pemohon. (rafly)

Sent from BlackBerry® on 3

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading