Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, DPRD Sulut

Jamkesmas Harus Tepat Sasaran

Redaksi Manado Today   |   23 April 2011 – 19:53 WITA

 

Felly Runtuwene

Felly Runtuwene

Manado Today – DPRD Provinsi Sulawesi Utara meminta program Jaminan Kesehatan Masyarakat dan Jaminan Kesehatan Daerah harus tepat sasaran, seiring dengan banyaknya keluhan warga miskin karena tidak terlayani secara baik.
“Sudah banyak laporan masyarakat bahwa pihak rumah sakit selaku rujukan Jamkesmas kurang memperhatikan keluhan masyarakat miskin, padahal itu sudah program nasional yang harus dipenuhi,” kata anggota DPRD Sulut Felly Runtuwene, di Manado, Sabtu.
Rumah sakit yang mengabaikan program Jamkesmas itu bisa saja diperkarakan, karena ada unsur kesengajaan. Mengingat warga miskin dengan keuangan tidak memadai diabaikan.
Menurutnya, banyak kasus telah terjadi di daerah dan sudah terekspos ke publik. Hanya saja tidak ada upaya perubahan guna memberikan pelayanan yang maksimal.
Wakil Ketua DPRD Sulut Arthur Kotambunan mengatakan, pihaknya bisa menindak lanjuti keluhan masyarakat dengan melakukan dengar pendapat dengan beberapa rumah sakit pemerintah, sehingga tahu titik persoalannya.
“Jika persoalan ini terus dibiarkan, akan berdampak negatif kepada opini masyarakat. Sehingga ada yang menilai rumah sakit lebih banyak dikomersilkan karena hanya memilih pasien orang kaya,” ujarnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sulut Maxi Rondonuwu mengatakan, program Jamkesmas harus diakomodir oleh rumah sakit yang mendapat rujukan program itu.
Bahkan dari jumlah warga miskin di Sulut tercatat sebanyak 613.025 jiwa, ternyata yang dilayani program sosial itu sudah sebanyak 485.084 jiwa.
Menurutnya, di Sulut sendiri ada sebanyak 29 rumah sakit yang melayani program Jamkesmas dan Jamkesda itu, yang terdiri dari 10 rumah sakit pemerintah, 14 rumah sakit swasta, lima rumah sakit TNI/Polri, semuanya tersebar di 15 kabupaten dan kota.
Pihak pemerintah juga melakukan verifikasi kepada warga yang berhak menerima program sosial kesehatan itu, sehingga benar-benar tepat sasaran. Karena bisa juga ada warga ekonomi cukup mapan ternyata mengikuti program sosial itu. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading