Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Jamkesmas Ibu Hamil Terhambat Juknis

Redaksi Manado Today   |   24 Maret 2011 – 09:52 WITA

Manado Today – Biaya persalinan bagi ibu hamil yang melahirkan secara normal dimana akan diberikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Manado melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), ternyata sampai saat ini masih terhambat di petunjuk teknis (Juknis) dari Menteri Kesehatan. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Dinkes Manado, Ester Mamangkey SE.

Padahal menurut Mamangkey, hal tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Manado. “Sosialisasi sudah kami lakukan disetiap Puskesmas dan sampai saat ini belum ada jukni untuk ibu bersalin dari Jamkesmas,” terang Mamangkey.

Diketahui, biaya persalinan gratis tersebut rencananya akan diberlakukan di 6 puskesmas di Kota Manado. Ke 6 puskesmas yang melayani persalinan normal dan gratis di Manado itu adalah Ranotana, Bahu, Tuminting, Paniki, Kombos dan Ranomuut. Dengan adanya persalinan gratis ini bisa menolong ibu melahirkan agar terhindar dari risiko kematian atau komplikasi saat melahirkan.

Namun apabila ada masalah dalam persalinan di ke 6 puskesmas itu, maka sang ibu akan dirujuk ke rumah sakit kelas tiga. Adanya rujukan ke rumah sakit kelas tiga, biaya persalinan pun juga tetap gratis meskipun orang yang melahirkan dari keluarga mampu. Akan tetapi persalinan itu hanya diperuntukkan bagi yang bersalin normal.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading