Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Totabuan

Jamsostek Bayar Santunan Korban di Bolmut Rp 203,6 Juta

Redaksi Manado Today   |   4 April 2011 – 19:29 WITA

Manado Today – PT Jamsostek Sulawesi Utara menyalurkan santunan pekerja yang meninggal pada proyek irigasi di Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebesar Rp203,6 juta yang dihitung berdasarkan 48 kali gaji sebulan diterima pekerja.
“Santunan berupa jaminan kematian diberikan kepada korban meninggal atas nama Mences Raymon Meleko, yang meninggal saat bekerja dalam proyek irigasi dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulut yang dikerjakan PT Brantas Abipraya,” kata Kepala Jamsostek Sulut, Arief Budiarto di Manado, Selasa, Selain menerima dana tunai sebesar Rp203,6 juta, Jamsostek juga masih memberikan santunan per bulan sebesar Rp200 ribu, yang diterima selama dua tahun kepada ahli waris korban.
Arief mengatakan, penyerahan jaminan kematian bagi pekerja konstruksi ini, diterima ahli waris korban, yakni kakak korban Eber Malik Meleko, karena korban meninggal tersebut belum menikah.
Jaminan yang disalurkan kepada pekerja irigasi di Sangkub, kata Arief, merupakan bagian dari program khusus jasa kontruksi berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian kepada pekerja proyek baik pemerintah maupun swasta yang membayar santunan kepada pihak Jamsostek untuk setiap proyek yang dikerjakan.
Jamsostek oleh undang-undang diberi amanat untuk memberikan santunan kepada pekerja proyek, baik pemerintah maupun swasta, yang ketika proyek dimulai membayar premi sebagaimana diatur oleh undang-undang keselamatan kerja.
Baru beberapa instansi pemerintah yang mendaftarkan pekerja proyek diantaranya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulut untuk mendapatkan jaminan keselamatan kerja.
“Kami mengimbau kepada semua pelaksana proyek baik pemerintah maupun swasta untuk menjaminkan keselamatan pekerjanya, karena hal ini merupakan kewajiban sebagaimana diatur dalam undang undang dan juga tanggung jawab moral kepada manusia yang bekerja untuk kita,” kata Arief. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading