Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Januari 2011, Perbankan di Sulut Membaik

Redaksi Manado Today   |   24 Februari 2011 – 22:35 WITA

Manado Today – Secara umum perkembangan perbankan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bulan Januari 2011 ini lebih baik ketimbang tahun lalu. Hal ini merupakan penilaian Bank Indonesia.

“Perkembangan lebih baik tersebut terlihat pada indikator perbankan berupa aset, dana pihak ketiga (DPK) dan kredit, mengalami pertumbuhan positif lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu,” kata Pemimpin Bank Indonesia Manado, Ramlan Ginting di Manado, Kamis.

Ramlan mengatakan, posisi DPK perbankan Sulut hingga Januari 2011 tercatat sebesar Rp11,57 triliun, tumbuh 16,47 persen secara tahunan. “Kenaikan tertinggi DPK terutama pada jenis tabungan mencapai 24,02 persen, disusul giro 19,23 persen, sementara depositi lima persen,” kata Ramlan.

Outstanding kredit yang tersalur ke masyarakat pada posisi awal tahun ini tercatat sebesar Rp12,47 triliun, mengalami pertumbuhan 20,50 persen dibanding posisi sama tahun lalu.  Realisasi kredit yang lebih besar dibanding penghimpunan DPK tersebut, menunjukkan bahwa fungsi intermediasi perbankan di daerah ini memperlihatkan perkembangan sangat baik. ”Fungsi intermediasi perbankan baik tercermin pada prosentase loan to deposit ratio (LDR) mencapai 107,73 persen pada Januari 2011,” kata Ramlan.

Peneliti Ekonomi Madya Kantor BI Manado, Eko Siswantoro mengatakan, kendati kredit tersalur di atas DPK, tetapi kualitas kredit tetap terjaga masih terlihat pada rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL) hanya 3,68 persen. ”Angka 3,68 persen berada di bawah batas maksimum BI sebesar lima persen, ini pertanda bahwa debitur kredit di Sulut punya kemampuan membayar pinjamannya,” kata Eko. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading