Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Jelang “Tumbilotohe” Warga Gorontalo Buru Lampu Botol

Manado Today   |   14 Agustus 2011 – 02:04 WITA

Gorontalo Today –  Meskipun gampang untuk dibuat sendiri, namun menjelang perayaan malam pasang lampu atau dikenal dengan tradisi “tumbilotohe”, sejak beberapa hari terakhir, warga Gorontalo terus buru lampu botol.

Para pedagang lampu botol yang berjejer di sejumlah lokasi, terutama di Pasar Sentral Kota Gorontalo, menjual lampu botol itu, antara Rp. 800 hingga Rp. 1.000 per botol.

Salah satu warga Gorontalo, Melya Agusta, mengatakan, dirinya membeli lampu botol ini, karena repot untuk membuatnya sendiri.

Diketahui, Tumbilotohe adalah tradisi warga Gorontalo, untuk menyalakan lampu minyak di halaman rumah, sawah maupun taman selama tiga malam terakhir, menjelang hari raya idul fitri atau tepatnya pada tanggal tanggal 27 di bulan Ramadhan tahun ini.

Selain itu, Pemprov Gorontalo, mengadakan Festival Tumbilotohe setiap tahun untuk seluruh wilayahnya. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading