Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Jelang HUT RI ke – 67, Formuspida Manado Gelar Rapat

Aldi Mawitjere   |   16 Agustus 2012 – 21:28 WITA
Forum Muspida Manado

Rapat Forum Muspida di ruang kerja Walikota Manado (ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Kamis (16/8/2012) menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67, Forum Musyawarah Pimpinan Daerah (Formuspida) Kota Manado, melaksanakan rapat.

Rapat Formuspida yang dipimpin langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut ini dihadiri oleh Kajari Manado, Kapolres Kombes Pol. Drs Amran Ampulembang, Dandim 1309 Letkol Inf Yudianto Putra Jaya, Wakil Walikota Harley AB Mangindaan SE MSM, Pimpinan DPRD Kota Manado, Ketua Drs Denny Sondakh MA, serta Wakil Ketua Mor Bastian SE SH STh, dan James Karinda SH MH.

Empat isu starategis yang dibahas Formuspida Manado yakni pertama, Peringatan HUT RI ke 67. Kedua, Peresmian dan pengesahan Kecamatan Bunaken Kepulau, Kecamatan Bunaken, Kecamatan Paal Dua dan Kecamatan Tikala. Ketiga, peredaran narkoba atau shabu-shabu di Kota Manado. Keempat, situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. Dan kelima, bahaya kebakaran yang sering terjadi di Kota Manado.

Walikota pilihan rakyat itu menyatakan Manado akan ada wilayah atau kawasan tertib hukum.

“Tertib hukum yang dimaksud yakni tertib IMB, tertib berlalu lintas, tertib buang sampah, tertib parkir, dan bebas PKL,”ujar GSVL sapaan akrab Lumentut.

Menariknya isu hangat yang banyak didiskusikan adalah masalah peredaran narkoba. Menurut salah satu anggota Muspida, pengedaran narkoba berbentuk sistem sel (putus-putus). Maksudnya, sejak dari pendistribusian awal sampai narkoba tiba di tujuan akhir yang membawa bukan orang yang sama, tetapi selalu berganti-berganti orang.

“Diduga, club malam dan cafe-cafe modern turut menumbuh suburkan peredaran narkoba,”tandasnya.

Masuknya 6 kg narkoba/shabu-shabu ke kota Manado menunjukkan bahwa kelompok pengedar narkoba telah memasukkan Manado dalam peta jaringan peredaran obat-obat terlarang.

“Langkah dan upaya yang diusulkan untuk mencegah diantaranya melalui pembinaan di sekolah dan di tempat-tempat ibadah seperti Gereja dan Masjid,”urainya lagi.

Hal lain yang dibahas dalam rapat adalah penggunaan sirene oleh masyarakat, yang bunyinya tidak bisa dibedakan dengan sirene mobil Patwal dan mobil ambulance.

Sedangkan untuk membantu masyarakat kurang mampu secara ekonomi, Walikota mengatakan akan mengadakan Operasi Bantu Manado (Obama) melalui bantuan mobil angkutan kepada siswa yang kurang mampu.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading