Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Jelang Ramadhan Disperindag Manado Usulkan OP Gula Pasir

Aldi Mawitjere   |   13 Juli 2012 – 11:11 WITA

MANADO, (manadotoday.com) —Jelang bulan suci Ramadhan, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Manado, Fanny Sirang berharap aka nada kegiatan operasi pasar (OP) khusus gula pasir. Menurut Sirang, hal ini terkait harga gula pasir saat ini terus bergerak naik dan diharapkan tidak sampai diatas 40 persen.

“Untuk itu paling lambat pada awal pekan depan pihak telah mengajukan permintaan OP yang tujuaanya sebagai langkah penanggulangan dan menekan kembali harga gula pasir jelang bulan ramadhan,”terang Sirang, kemarin.

Dari hasil uji dilapangan Sirang menjelaskan, kenaikan harga gula pasir hingga cenderung terus meningkat lebih disebabkan persediaan gula pasir dari distributor terus berkurang.

Hanya saja, lanjut Sirang, pihaknya akan terus menelusuri kenapa terjadi kekurangan stok gula pasir menjelang bulan ramadhan.

“Tapi untuk sementara kami melihat ada kekurangan stok di distributor dan hal itu sebagai alasan kami untuk menyampaikan usulan permintaan operasi pasar gula pasir ini ke pemerintah pusat melalui Pemprov,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Sirang, sasaran rencana OP tersebut lebih terfokus di kawasan pemukiman agar OP tersebut lebih tepat sasaran.

“Jika disetujui OP akan dikonsentrasikan di kawasan pemukiman masyarakat, sehingga tepat sasaran,”tambahnya.

Kenaikan gula saat ini lebih dampak dari pergerakan harga gula dunia sehingga di seluruh negara termasuk Indonesia mengalami kenaikan, namun hal itu sifatnya sementara.

Jika harga dunia stabil, akan diikuti oleh seluruh negara. Jadi, Sirang menambahkan, masyarakat tidak panik dan melakukan aksi-aksi borong yang akan membuat harga makin naik. “Harga gula pasir di pasaran sekarang berada di kisaran Rp13.000 sampai Rp13.250 perkilogram, dari sebelumnya Rp10 ribu per kilogram,”tandasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading