Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Kabupaten Sangihe Dinilai Perlu Miliki Perda Sampah

Redaksi Manado Today   |   9 Juli 2012 – 19:22 WITA

TAHUNA, (manadotoday.com) – Kesadaran warga terhadap arti kebersihan lingkungan, dinilai masih sangat kurang. Hal itu dilihat dari masih banyaknya warga yang membuang sampah secara sembarangan seperti di sungai dan saluran air.

Untuk menyikapi hal itu, Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Sangihe, dinilai perlu untuk merumuskan sebuah aturan tentang penanganan sampah, dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah, yang didalamnya sudah termasuk sangsi bagi warga yang kedapatan membuang sampah bukan pada tenpatnya.“Kalau Pemerintah daerah bercita-cita akan merebut piala adipura pada tahun 2013 mendatang, maka salah satu solusi yang patut dilakukan adalah menerbitkan sebuah peraturan daerah tentang sampah, agar dalam penganan sampah menjadi terarah termasuk memberikan kesadaran terhadap warga yang punya kebiasaan membuang sampah secara sembarangan ke selokan air maupun di sungai,” ujar Johny Bawasal, warga Kelurahan Tapuang, kepada manadotoday Senin (9/7/2012).

Terpisah, Benhur Takasihaeng yang merupakan salah satu personil DPRD Sangihe, saat dimintai tanggapan terkait permintaan warga itu, mengatakan sebetulnya Perda tentang sampah sudah ada semenjak tahun 1970. Namun, isinya sudah tidak relefan lagi dengan perkembangan daerah sehingga Perda tersebut perlu diperbaharui atau direvisi kembali.

“Setahu saya Perda tentang sampah sampah di Sangihe, sudah ada semenjak tahun 1970. Namun, isinya perlu direfisi kembali karena sudah tak relefan dengan perkembangan daerah saat ini. Dan hal itu sangat penting dilakukan, terkait dengan cita-cita pemerintah daerah yang ingin merebut piala adipura pada tahun 2013 mendatang,” tukas Ketua Fraksi PDIP DPRD Sangihe itu.

Ia menambahkan, intinya DPRD tinggal menunggu usulan dari Pemerintah daewrah menyangkut Perda baru tentang penanganan sampah. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading