Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kadis ESDM : Pertamina Tolak Penambahan Agen LPG di Bitung

Aldy Monareh   |   7 Juni 2012 – 12:11 WITA

BITUNG (manadotoday.com) – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Bitung Drs Zulhadji Zylkifly mengatakan bahwa pihak Pertamina saat ini tidak memperkenankan adanya penambahan agen di Kota Bitung.

Sebab menurut pihak Pertamina tiga Agen LPG yang saat ini ada di Kota Bitung dinilai sudah dapat mengcover kebutuhan LPG di Kota Cakalang ini. ”Sudah sempat diajukan penambahan agen LPG di Kota Bitung, namun ditolak Pertamina dengan alasan tiga agen sudah cukup,” ujarnya.

Bahkan penambahan agen LPG katanya, sudah pernah disampaikan ke Wagub Sulut Djouhari Kansil, dihadapan pihak Pertamina dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu, namun tidak direspon. Padahal seharusnya Pertamina juga harus menghargai pemerintah daerah dengan memberikan ijin Agen LPG ke warga lainnya.

”Minimnya agen sangat rentan dengan permainan harga, karena para agen ini merasa tidak ada pesaing lain. Dan dikawatirkan ini akan mengancam program konversi minyak ke gas karena banyak warga yang mengaku sangat sulit mendapatkan LPG, sehingga banyak yang masih menggunakan Minyak Tanah,” ujarnya.

Diungkapkan Zulkifly ketiga Agen LPG di Kota Bitung, yakni Netty Karundeng, Lucky Karundeng dan Hans Karundeng yang notabene adalah kakak beradik, tidak memiliki rekomendasi dari Dinas ESDM Bitung dan pengurusannya langsung dengan Pertamina, karena menurut Pertamina memungkinkan.

Namun akibatnya diakui Zulkifly pihaknya sangat sulit melakukan koordinasi.
”Namun kami tetap berharap agar pihak Pertamina dapat memberikan ijin ke warga atau pengusaha lain agar kebutuhan LPG di Kota Bitung dapat tercover dan terkesan agen LPG tidak monopoli,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading