Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kadistakot: Hutang Rp 484 Juta, Wajib Dilunasi PT Pelindo

Staff Manado Today   |   2 Juni 2011 – 08:10 WITA

Bitung Today – Kepala Dinas Tata Ruang Kota (Kadistakot) Bitung Hendry Sutanto, menegaskan bahwa PT Pelindo wajib melunasi sisa retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Peti Kemas, senilai Rp 483 Juta.

“Tidak ada alasan PT Pelindo untuk tidak membayar, karena ini hutang yang harus dibayar PT Pelindo,” terang Ade sapaan akrab Kadistaru Bitung.

Menurut Ade, merujuk pada surat nomor 650/ TK/587/2006 tanggal 4 Desember 2006 yang ditujukan ke Direktur Utama PT Pelindo IV di Makasar yang ditanda tangani Wakil Walikota Bitung Robert Lahindo, dalam surat tersebut dijelaskan PT Pelindo harus membayar lanjutan Retribusi IMB atas bangunan-bangunan wajib IMB dalam kompleks pelabuhan petikemas.

“Surat tersebut telah di Fax ke pimpinan PT Pelindo IV di Makasar, dan akan menjadi pegangan untuk melakukan penagihan ke PT Pelindo,” ungkap Ade, Rabu (1/6/2011)

Dijelaskannya, di surat tersebut, tertera jika terjadi kesepakatan lisan antara PT Pelindo IV dengan Pemkot Bitung tahun 2006, dimana pihak PT Pelindo IV akan membayar sebesar Rp 300 juta namun yang direalisasikan hanyalah Rp 100 juta. Selanjutnya pada paragraf ke dua disebutkan, kiranya pihak PT Pelindo IV boleh bekerja sama untuk dapat merealisasikan sisa pembayaran tahun 2006 sebesar Rp 200 juta.

“Bukan hanya itu, surat nomor 106/TK.a/ 2007 yang saya buat dan selama ini dipersoalkan dengan sendirinya menjadi kuat ketika ada surat Wakil Walikota Robert Lahindo saat itu, ” imbuhnya.

Ditambahkan Ade, terkait permintaan Reduksi yang diminta Pelindo, harus lewat surat keterangan Walikota.

“Oleh karena reduksi itu tidak diberikan Pemkot Bitung maka PT Pelindo IV wajib melunasi sisa hutang retribusi IMB dengan nilai Rp 483 Juta,” pungkasnya menambahkan PT Pelindo sendiri baru mambayar Rp 500 juta dari total IMB senilai Rp 983 juta. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading