Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Kairupan Kendalikan Minahasa Selatan Selama Sebulan?

David Masengi   |   9 September 2012 – 10:55 WITA

AMURANG, (manadotoday.com) – Rencana Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu berbulan madu di Amerika Serikat (AS), kemungkinan akan membuka peluang bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Drs MC Kairupan untuk menggantikan Bupati menjalankan roda pemerintahan.

Kenapa Demikian? Hal ini dikarenakan Wakil Bupati Frans Tandayu, yang seyogyannya menggantikan posisi Bupati jika sedang berada di luar daerah atau luar negeri diprediksi tidak akan diberikan kewenangan. Dikarenakan hubungan Bupati dengan Wakil Bupati ini sudah menjadi rahasia umum sangat tidak harmonis.

”Harusnya nanti jika Bupati berada di luar negeri yang menggantikan posisinya adalah Wakil Bupati karena aturannya demikian. Apalagi warga bukan hanya memilih sosok Bupati ketika pelaksanaan Pilkada. Tapi juga karena sosok wakil Bupati ditambah lagi visi keduanya sama sejak kampanye pemilihan lalu sebelim keduanya keluar sebagai pasangan pemenang,” ujar salah satu pemerhati pemerintahan Jendri Mandey SAP.

Ia juga menyatakan pesimis jika nantinya selama Bupati di USA roda pemerintahan Minsel berjalan sesuai harapan jika diberikan ke Kairupan.

”Mau jadi apa Minsel kedepan kalau situasi daerah masih seperti ini. Apalagi kedepan hanya dikendalikan seorang Sekda,” ujar Mandey.

Senada tokoh pemuda, Alvons “Cres” Sumual SIP, menyatakan salah satu penyebab Minahasa Selatan mendapatkan opini Disclamer dari BPK RI perwakilan Sulut, adalah ketidakmampuan Sekda dalam hal ini MC Kairupan.

“Sungguh ironis kedepan apabila Minsel hanya dikendalikan seorang sekda. Apalagi barusan Minsel mendapat opini Disclamer terkait pengelolaan keuangan,”ujar Sumual.

Ia juga berasumsi jika kedepan Minsel akan kembali mendapatkan opini Disclaimer dalam pengelolaan keuangan Dari BPK. Sebab Kairupan yang seharusnya diposisikan sebagai Sekda tidak mampu membawa Minsel kelaur dari status Disclaimer yang sudah 6 kali disandang.

”Paling tidak Minsel harus keluar dari satatus Disclaimer karena sekda adalah mantan Kepala Inspektorat provinsi yang seharusnya tahu bagaimana pengelolaan keuangan yang baik apalagi berkaca pada provinsi yang dua kali mendapat WTP. Namun nampaknya 10 kali berturut-turut mendapatkan opini disclamer tidak bisa terhindari, “sindir Sumual.

Sayangnya Kairupan ketika dimintai konfirmasi terkait hal ini enggan untuk memberikan komentar.

Terpisah Kabag Humas Pemkab Minsel, Alvons Sumenge SSTP yang dikonfirmasi terkait siapa yang akan menggnatikan posisi Bupati jika selama sebulan Bupati akan berbulan madu ke Amerika, mengatakan bahwa, walaupun Bupati Minsel tidak berada di Minsel, namun roda pemerintahan dan penambilan kebijakan tetap akan dicover oleh Bupati sendiri.

“Ini kan zaman modern, yang komunikasinya bisa dimana saja jika lewat telepon seluler. Jadi kalau Bupati berada di Amerika, bukan tidak mungkun beliau tidak memantau langsung jalannya pemerintahan dari Amerika. Dan yang pasti Bupati tidak akan memberikan mandat atau tanggung jawab kepada siapa-siapa saat dia berada di Amerika. Apalagi kepada Sekdakab,” tandasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading