Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kalah di Musda PD Dapat Turunkan Pamor SHS

Redaksi Manado Today   |   8 April 2011 – 21:17 WITA

Manado Today – Kekalahan Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang (SHS) pada Musda Partai Demokrat Sulut 6-7 April 2011, bisa membuat pamor dirinya turun di mata publik. “Apapun alasan SHS kepada publik soal Musda Partai Demokrat, tetap dirinya dianggap sudah kalah dari kandidat lainnya Vicky Lumentut (Wali Kota Manado) pada Musda itu,” kata pengamat politik dari Unsrat Manado, Fanley Pangemanan, di Manado, Jumat.

Pada Musda yang dibuka Anas Urbaningrum itu, Lumentut meraih 11 suara, sementara SHS sendiri hanya meraih tiga kursi dan calon lainnya Henny Wullur tiga suara.
Menurut staf pengajar FISIP Unsrat itu, alasan diberikan SHS bahwa dirinya menyatakan mundur pada perebutan kursi ketua Partai Demokrat Sulut bisa diterima secara positif, hanya saja dengan raihan tiga suara tetap dianggap publik kalah telak.
“Bisa jadi kekuatan dan strategi yang digalang oleh SHS sejak awal memang tidak jalan optimal, sehingga dirinya akui tidak bisa bersaing lagi,” jelas kandidat Doktor dari Universitas Padjajaran Bandung itu.
Apalagi SHS sendiri pada tahun 2014 mendatang sudah tidak memiliki kepentingan politik besar lagi karena sudah dua periode sebagai Gubernur Sulut, kemudian faktor usia turut mempengaruhinya.
Sementara itu Lumentut merupakan figur baru yang dianggap memiliki prospek politik untuk membesarkan Partai Demokrat, karena dirinya sudah mengundurkan diri dari pegawai negeri sipil.
Pangemanan juga memberikan dukungan positif bagi pemilik hak suara dari kalangan DPC, bahwa mereka benar-benar memanfaatkan pilihannya tanpa melihat kekuasaan semata.
Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan SHS kurang berminat untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Sulut.
Anas mengemukakan hal itu ketika diwawancarai wartawan usai memberikan kuliah umum di auditorium Universitas Sam Ratulangi Manado.
“Beliau berkonsentrasi di anggota Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Sulut itu bajunya yang terlalu kecil untuk Pak SHS”, ujar Anas.
Menurut Anas, SHS sudah memiliki posisi yang lebih tinggi sebagai Dewan Pembina DPP Partai Demokrat yang “bajunya lebih besar. (ann/jwt)
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading