Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kamtibmas Penting Tangkal Provokator di Sulut

Redaksi Manado Today   |   25 Februari 2011 – 21:50 WITA

Pemerintah desa dan kelurahan se Sulut, dinilai berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga suasana daerah tetap kondusif dan tidak mudah disulut para provokator.
“Para Lurah dan Kepala Desa diharapkan memberi sosialisasi kepada warga, tentang pentingnya keamanan dan ketertiban. Dan tidak terpengaruh dengan dampak negatif di daerah lain,” kata Gubernur Sulut SH Sarundajang, pada rapat koordinasi pemerintahan desa se Sulut, di Manado, Jumat. (25/02/2011)
Banyak kerawanan sosial bisa saja terjadi ditengah masyarakat, seperti kasus sengketa tanah, pertanian, pertambangan dan sebagainya, harus tetap diselesaikan dengan baik.
“Banyak persoalan terjadi di tengah masyarakat sering kali hanya disebabkan oleh masalah kecil saja, namun sudah dibelokan pada isu-isu suku, agama dan ras,” katanya.
Sarundajang mencontohkan kasus terjadi kecamatan Dumoga Timur yang hampir setiap tahun terjadi perkelahian antar kampung (tarkam), itu harus segera dihentikan.
“Kemudian masih dalam ingatan kita, peristiwa perkelahian di Langowan dan juga di Jaton, keduanya di Kabupaten Minahasa. Dimana ada perkelahian antar pemuda dan menjurus ke persoalan SARA. Akhirnya langsung ditangani dengan baik, karena memang kesadaran warga juga sangat tinggi,” ujarnya.
Pengamanan swakarsa lebih diutamakan pada upaya mewaspadai kehadiran tamu-tamu yang tidak dikenal guna mengantisipasi penyusupan atau ancaman terorisme dan sebagainya.
Setiap tamu yang masuk ke wilayah pemerintahan tingkat desa/lurah harus melapor dalam dua kali 24 jam dengan menunjukkan semua identitas yang dimiliki. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading