Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Kansil Buka Rakorev RAD-MDGs Sulut Triwulan ke-II

Tonny Sumakul   |   29 Agustus 2012 – 17:26 WITA
rakorev RAD-MDGs Sulut triwulan ke-II

Wagub Sulut dalam kegiatan rakorev RAD-MDGs Sulut triwulan ke-II

MANADO, (manadotoday.com) – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil MPd, membuka kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) tentang Rencana Aksi Daerah Millenium Development Goals (RAD-MDGs) Provinsi Sulut Tahun 2012 untuk Triwulan ke-II, yang berlangsung di Swiss-Bel hotel Maleosan, Manado, Rabu (29/8).

Pada kesempatan itu, Kansil menjelaskan secara garis besar progres report dan hasil capaian tujuan pertama MDGs, terutama target 1A yaitu menurunkan proporsi penduduk dengan tingkat pendapatan kurang dari USD 1 (PPP) per hari.

“Hampir semua capaian sub indicator, sudah di tingkat yang sesuai target kinerja. Tapi, kita harus mampu berjuang lebih keras, agar target 1A ini dapat dicapai di tahun 2012 ini,” ujar Kansil.

Sedangkan target 1B yaitu upacaya menunrunkan hingga setengah proporsi penduduk yang menderita kelaparan untuk kurun waktu 1990-2015, menurut Kansil sulut sudah dapat dikatakan berhasil. Pasalnya, dilihat dari neraca bahan makanan (NBM) Sulut tahun 2011, total energi yang tersedia untuk dikonsumsi rumah tangga mencapai 4.398 kilokalori per kapita per hari, dan protein 115,25 gram per kapita per hari.

“Situasi ini melebihi standar ketersediaan kalori yang direkomendasikan, yakni 2.200 kilokalori per kapita per hari, dan untuk protein, 57 gram per kapita per hari,” terangnya.

Sedangkan hasil susenas 2010 konsumsi energi masyarakat Sulut, mencapai 2.015 kilokalori per kapita per hari, atau 100,75 persen dari total kecukupan energi dan gizi ideal, sebesar 2.000 kilokalori per kapita per hari.

“Namun untuk konsumsi protein mencapai 56,01 gram per kapita per hari, atau melebihi angka konsumsi protein ideal yakni 52 gram per kapita per hari,” tandas Kansil.

Hadir dalam rakorev itu, Wakil Bupati dan Wakil Walikota, Ketua Bapeda, Kepala BLH, Kadis Kesehatan dan Kadis Diknas, dari Kabupaten/Kota di Sulut, serta Instansi terkait dari Pemprov Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading