Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Kansil Ingatkan Lurah/Kades se-Sulut Berani Berantas KKN

Tonny Sumakul   |   9 Agustus 2012 – 20:29 WITA
Provinsi Sulut

Rakor Penyelenggaraan Pemerintahan Umum di Wilayah Provinsi Sulut

MANADO, (manadotoday.com) – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Djouhari Kansil MPd, memberikan tantangan kepada Lurah dan Kepala Desa (Kades) di daerah ini, untuk berani memberantas praktek-praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Sebagai ujung tombak terdepan, Lurah dan Kades harus berani berantas praktek-praktek KKN, di wialayah kerjanya masing-masing,” tandas Kansil, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dr. Noudy R.P. Tendean, SIP MSi, pada rapat koordinasi ‘Penyelenggaraan Pemerintahan Umum di Wilayah Provinsi’ yang diikuti 150 Kades dan Lurah dari Kabupaten Minahasa dan Kota Bitung, yang dilaksanakan di Hotel Aston Manado.

Dalam sambutan tersebut juga, Kansil menilai jika saat ini kualitas pelayanan pemerintahan desa dan keluarahan ke masyarakat, masih cukup rendah. Hal itu terlihat dari kecenderungan ketidak adilan dalam pemberian pelayanan.

“Contohnya, masyarakat yang tergolong miskin masih sulit mendapat akses pelayanan yang baik dan berkualitas. Dan sebaliknya, masyarakat yang berduit akan lebih mudah dalam penyelesaian urusannya. Bukan hanya itu, dalam pengurusan izin juga, prosesur pelayanannya terkadang berbelit-belit, ataupun ada permitaan biaya yang tak jelas sehingga terjadi pungutan liar (pungli),” terang Tendean mengutip sambutan Kansil.

Disampaikannya lagi, Kades dan Lurah, harus mampu menjabarkan prinsip-prinsip Good Governance, atau  pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Jika masih praktek-praktek ketidak adilan itu, dipastikan dapat memunculkan potensi keretakan yang sangat berbahaya , pada kehidupan bermasyarakat,” tegas Tendean.

Diketahui, pada rakor tersebut menghadirkan narasumber dari Polda dan Korem Sulut, Pejabat dari Ditjen PUM Kemandagri, Asisten I Pemerintahan dan Kesra, dan Kepala BPMPD. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading