Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Kansil : Letak Geoposisi Sulut jadi Peluang Pintu Gerbang Indonesia di Asia Pasifik

Tonny Sumakul   |   18 Januari 2012 – 20:42 WITA

Dr. Djouhari Kansil MPd

Manado, (manadotoday.com) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Djouhari Kansil MPd, mengatakan bahwa letak geoposisi daerah ini, adalah peluang untuk menjadi pintu gerbang Indonesia, di kawasan Asia Pasifik.
“Peluang tersebut yang harus kita maksimalkan dalam pengelolahannya, sehingga daerah ini lebih maju dan berkembang,” kata Kansil, disela-sela Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Satgas Tim Bakorkamlah II Manado, yang berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula, Rabu (18/1/2012), dengan mengangkat Tema, ‘Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Membangun Kelautan dan Peningkatan Keamanan Laut”.
Pada kesempatan itu, Kansil menjelaskan luas wilayah Sulawesi Utara sekitar 15.297,76 km2, yang diisi 287 pulau, serta 2,265,937 jiwa jumlah penduduk, merupakan modal yang cukup untuk pengembangan daerah ini dalam perdagangan dunia.
Bukan hanya itu, Kansil juga mengatakan, keanekaragaman hayati di Sulawesi Utara, adalah keunggulan tersendiri dalam mengelolah sumber daya kelautan dan perikanan.
“Di Sulut sekitar 700 spesies ikan dunia. 60 persen dari 2000 jenis ikan di perairan Indonesia, ada di perairan Sulut, itu yang harus kita jaga dan pelihara, agar tak dicuri oleh Negara luar,” tukasnya.
Lanjutnya menyampaikan, potensi sumberdaya kelautan dan perikanan, harus ditindaklanjut dengan sistem pegawasan masyarakat (siswasmas).
“Peran serta semua pihak menjaga laut di Sulut, sangat dibutuhkan guna membantu Bakorkamlah,” tukasnya.
Hadir dalam kegiatan itu, Kalakhar Bakorkamlah Laksdya TNI, Didik Heru Purnomo, Advisor Bakorkamlah Laksdya TNI (Purn) Moeklas Sidik, yang adalah mantan Wakasal, serta Kapus Informasi Hukum dan Kerjasama Bakorkamlah, Laksma Maritim Tri Yuswoyo. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading