Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Kansil Tantang Kabupaten/Kota di Sulut Raih WTP

Tonny Sumakul   |   14 Desember 2011 – 20:16 WITA
walikota se-sulut

Bupati/Walikota serta Sekda yang mengikuti Forum Pertemuan BPK dan BPKP dengan Kepala Daerah se Sulut

Manado, MTC – Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, mengungkapkan bahwa dirinya menantang seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulut, untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tahun 2012 mendatang.
“Saya harapkan, tahun 2012 mendatang pengelolahan keuangan seluruh pemerintah daerah di Sulut, untuk mendapatkan opini WTP dari BPK. Saya harap pemerintah daerah menseriusinya,” ujar Kansil, dalam Forum Pertemuan BPK dan BPKP dengan Kepala Daerah se Sulut, yang dihadiri semua Bupati/Walikota se Sulut, kecuali yang sedang melaksanakan tugas di luar daerah, yang hanya diwakilkan kepada Sekdanya, Rabu (14/12/2011).
Menurutnya lagi, perlu diakui bahwa saat ini prestasi pencapaian WTP oleh Pemprov Sulut dua kali berturut, belum diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota di daerah ini.
“Saya harapkan kedepan, Walikota atau Bupati di Sulut, lebih serius lagi dalam mencapai penghargaan tertinggi atas pengelolahan keuangan daerahnya. Sebab, dengan begitu masyarakat akan tahu bagaimana pengelolahan keuagan daerahnya,” ketus mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulut itu dalam acara yang digelar di Hotel Sutan Raja Maumbi.
Disisi lain Kansil mengatakan lagi, agar Bupati dan Walikota, agar terus meningkatkan pengawasan dengan mengoptimalkan fungsi Wakil Bupati atau Wakil Walikota, sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor. 60 Tahun 2008, diserahi tugas untuk melakukan pengawasan.
“Bukan itu saja, diharapkan lagi untuk Inspektur Provinsi maupun dari Kabupaten dan Kota, agar terus membangun sinergitas dan koordinasi yang konkrit, supaya dalam melakukan langkah koreksi apabila ada indikasi penyimpangan, akan terhindar dari permasalahan yang lebih serius,” tukasnya.
Sementara itu, Inspektur Provinsi Sulut, Jeffry Korengkeng SH.M.Si, dalam laporannya mengataka, bahwa forum ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah, supaya akan terlihat gambaran untuk meningkatkan kualitas opini BPK, atas audit LKPD Provinsi/ Kabupaten/Kota. Selain itu, akan membangun pemahaman dan langkah yang sama, antara instansi terkait dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.
Dalam kegiatan itu, dilakukan diskusi dan pemaparan dari Kepala BPK Perwakilan Sulut, Rochmadi Saptogiri, Kepala BPKP Perwakilan Sulut Adil Hamonangan Pargihutan. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading