Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kapal Bahari Timur 18 Terbakar

Staff Manado Today   |   15 Juni 2011 – 21:06 WITA

Bitung Today – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Bitung, sebuah kapal bekas, yang sudah lama tidak difungsikan yakni kapal Bahari Timur 18 yang berada kawasan pantai PT Industri Kapal Indonesia (IKI) di Kecamatan Aertembaga, Rabu (15/06/2011), sekitar pukul 09.00 Wita terbakar.

Kuat dugaan kebakaran tersebut disebabkan akibat percikan api pemotong besi (las, red) ketika hendak memotong badan kapal untuk dijadikan besi tua. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Api baru bisa dipadamkan setelah dua unit Pemadam Kebakaran dikerahkan dilokasi kejadian dengan dibantu oleh semprotan air sejumlah kapal disekitar lokasi.

Dari Informasi yang dihimpun manadotoday, menyebutkan kapal Bahari Timur 18 akan dijadikan besi tua karena sudah lama tidak beroperasi. Namun sejumlah barang seperti tabung oksigen, drum bekas oli dan bahan-bahan lain yang mudah terbakar masih berada di atas kapal yang tengah berlabuh kurang lebih 25 meter dari bibir pantai, kawasan PT IKI.

Menurut Materagi salah satu pekerja kapal tersebut penyebab kebakaran tidak diketahui secara jelas. Karena saat itu ada lima pekerja di kapal tersebut yang melakukan pemotongan badan kapal dan sementara dirinya berada di daratan.

“Tiba-tiba api membesar yang tidak diketahui berasal dari mana,” ujar Materagi.

Sementara itu Kapolres Bitung, AKBP Satake Bayu SIK ketika dikonfirmasi melalui Kapolsek KP3 Bitung, AKP D Lariwu ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, menurutnya diduga kapal tersebut terbakar diakibatkan oleh percikan api dari alat pemotong besi (las) ketika sedang malakukan pemotongan badan kapal yang akan dijadikan besi tua, kemudian percikan api tersebut menjilati barang yang mudah terbakar yang ada si dalam kapal tersebut.

“Penyebab kebakaran masih sementara di selidiki, dan jumlah kerugian belum dapat dipastikan, beruntung tidak ada korban jiwa,” ujar Lariwu.(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading