Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kapasitas Produksi Kasegaran ‘Diduga’ Salahi Ijin

Aldi Mawitjere   |   20 Desember 2011 – 21:16 WITA

Puluhan Ribu Botol ‘Laris Manis’ Jelang Natal

Pabrik minuman keras Kasegaran

Pabrik Kasegaran (foto : skyscrapercity)

Manado, MTC – Jelang hari raya Natal, pabrik minuman beralkohol UD SS yang memproduksi ‘Kasegaran’ harus mendapat pengawasan ketat pemerintah. Diduga kapasitas produksi pabrik tersebut telah over capacity sehingga tidak sesuai dengan ijin yang diberikan pemerintah. Apalagi, minuman beralkohol itu merupakan minuman primadona di Sulawesi Utara sampai diluar daerah.
Pantauan manadotoday Selasa (20/12/2011) siang tadi, aktifitas produksi pabrik yang terletak disekitar pusat kota Manado itu hampir setiap hari terlihat ramai. Terlebih, mendekati hari raya raya Natal dan Tahun baru seperti sekarang ini. Diperkirakan, ribuan botol mampu diproduksi pabrik minuman beralkohol itu.
“Setiap hari produksi minuman beralkohol merk Kasegaran itu mencapai ribuan botol. Sehingga perlu diawasi dan perlu dicocokkan dengan ijin produksi yang dikeluarkan pemerintah. Kalau sudah melebihi batas yang ditentukan berarti ada pelanggaran,”ujar Randi, warga Tikala.
Sementara itu, pimpinan UD SS yang coba dikonfirmasi, tak bisa ditemui karena sibuk melayani ratusan pelanggan.
Terpisah, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menyatakan untuk urusan ijin termasuk kapasitas produksi pabrik minuman keras (miras) merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara.
“Kalau menyangkut ijin produksi miras ada di propinsi. Kita hanya mengawasi saja, sedangkan kewenangan itu ada di propinsi,”ujar Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Manado, Drs Fanny Sirang, kepada wartawan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading