Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

Kapitalaung Matutuang Telorkan Peraturan Kampung

Redaksi Manado Today   |   8 Mei 2012 – 22:48 WITA

Larang Nelayan Asing Melakukan Penangkapan Ikan

Nelayan di Sangihe

Aktivitas nelayan di Kabupaten Sangihe

TAHUNA, (manadotoday.com)` – Semakin banyaknya nelayan asal negara tetangga Filipina yang bekerja sebagai joki penangkap ikan terhadap pengusaha kapal penangkap ikan di Kabupaten Sangihe membuat Kapitalaung Kampung Kepulauan Matutuan menelorkan peraturan Kampung (Perkam). Perkam tentang nelayan asing yang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan di Kepulauan Matutuang, Kecamatan Marore.
Kapitalaung Kepulauan Matutuang, Herry T Sumolang, kepada wartawan Selasa (8/5/2012), menyatakan Perkam yang dikeluarkan bertujuan, selain mendata para nelayan asing yang bekerja sebagai joki penangkap ikan, juga mengatur tentang retribusi para pekerja asing yang bekerja dan tinggal di Pulau Matutuang.
“Selain mendata para nelayan asing yang bekerja sebagai joki penangkap ikan, Perkam
tersebut bertujuan untuk mendatangkan income bagi daerah,” tegas Sumolang,
Dia menambahkan, mengawali penerapan Perkam tersebut, pihaknya telah melakukan pelarangan bagi para nelayan asing untuk melakukan penangkapan ikan di perairan sekitar Pulau Matutuang, termasuk pembelian ikan terhadap nelayan Matutuang.
“Jadi tanpa memiliki dokumen dari petugas Border Crossing Area (BCA) Marore pekerja asing dilarang melakukan eanangkapan ikan,”ujarnya.
Sementara menyangkut penerapan Perkam tersebut, bagi setiap nelayan asing yang bekerja sebagai joki penangkap ikan dan tinggal di Pulau Matutuang serta memiliki ijin dari BCA, diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp 150 ribu rupiah per orang nelayan.
“Uang hasil tersebut selain sebagai incam Kampung Marore, akan digunakan untuk pembangunan seluruh infrastruktur yang ada,”pungkasnya. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading