Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Hukum dan Kriminal, Nusa Utara

Kasus Dana Hibah Pemilukada Sangihe Ketingkat Penyidikan

Redaksi Manado Today   |   28 Mei 2012 – 23:16 WITA

TAHUNA (manadotoday.com) – Kasus dugaan penyimpangan dana hibah pada Pemilukada Sangihe terkait pembayaran uang advokasi dalam perkara gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) ke pihak Kejari Tahuna, selaku pengacara negara bagi KPUD Sangihe yang berbandrol Rp. 500 juta, prosesnya ditingkatkan ke penyidikan oleh pihak penyidik Tipikor Polda Sulut.

Dua komisioner KPUD Sangihe, Drs Ch Gaghola dan Drs Johny Dalamalang, mengungkapkan hal tersebut, dan mengaku mendapat panggilan dari petugas penyidik Tipikor Polda Sulut, untuk dimintai keterangan pada, Selasa (29/5/2012), besok.

“Saya dan pak Damalang telah menerima surat panggilan dari Satuan Tipikor Polda Sulut melalui surat yang bernomor, S.Pgl/96/V/2012/ Dit Reskrimsus tertanggal 21 Mei yang isinya menghadap Kanit I Subdit I Dit Reskrimsus, untuk dimintai keterangan dalam kasus dugaan penyelewengan dana hiba Pemilukada Sangihe pada tahun 2011 lalu, dimana satus dari kasus tersebut telah ditingkatkan ke proses penyidikan,” ujar Gaghola kepada manadotoday Senin (28/5/2012).

Baik Gaghola dan Damalang, menyatakan, isi dalam surat panggilan tersebut untuk dimintai keteragan sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan dana Hibah Pemilukada di KPUD Sangihe, terkait pengeluaran dan pembayaran uang kepada pihak Kejari Tahuna selaku pengacara negara pada perkara gugatan hasil Pemilukada Sangihe tahun 2011 lalu di MK, yang pada kenyataannya tidak ada proses persidangan di MK.

Keduanya juga memastikan bahwa seluruh personil KPUD Sangihe telah diperiksa oleh penyidik Tipikor Polda Sulut. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading