Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Kasus Kadistakot Diduga Direkayasa

Staff Manado Today   |   18 Juni 2011 – 15:42 WITA

Bitung Today – Dugaan korupsi yang menimpa Kepala Dinas Tata Ruang Bitung HS alias Ade, terkait retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) pembangunan terminal petikemas Pelabuhan Bitung, bakal berbuntut panjang. Pasalnya, ditenggarai kasus tersebut sengaja direkayasa oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung, karena tidak ditemukan adanya kerugian Negara.

“Ada aroma rekayasa, dalam kasus yang menimpa klien saya,” ungkap tim kuasa hukum Ade, Michael Jacobus SH MH, Jumat (17/06/2011) sembari menyatakan pihaknya mengancam akan mem-praperadilankan Kejari.

Lebih jauh dikatakan Jakobus, setelah melihat atau setelah melihat atau meneliti seluruh dokumen penagihan retribusi IMB ke PT Pelindo ada indikasi proses hukum terkesan direkayasa, karena tidak ditemukan adanya kerugian Negara. Rekomendasi BPK tertera Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Distakot perlu menagih sisa piutang retribusi ke PT Pelindo kurang lebih Rp 400 juta.

“Penahanan terhadap klien saya dinilai tidak sesuai fakta hukum. Karena diproses oleh pihak Kejari harusnya PT Pelindo yang jelas-jelas enggan membayar atau belum melunasi hutang retribusi IMB kepada pemerintah Kota Bitung,” tandas Jacobus.

Sementara itu, terkait rencana akan di praperadilankan Kejari Bitung. Kasie Intel Kejari Bitung Wahyudin SH, menanggapi hal ini mengatakan bahwa pihaknya siap menghadapi praperadilan tersebut.

“Jika yang bersangkutan mengajukan praperadilan itu merupakan haknya dan sah-sah saja, karena apa yang kami lalukan telah sesuai dengan aturan,” tandasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading