Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Kasus Kematian Ibu dan Bayi di Sangihe Meningkat

Redaksi Manado Today   |   12 Desember 2011 – 18:38 WITA

Tahuna, MTC – Kasus kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sangihe, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini terungkap pada rapat evaluasi pelayanan kesehatan di masing-masing Puskesmas yang digelar di Hotel Bintang Utara baru-baru ini.
Kadis Kesehatan Sangihe, dr Hanny Tandaju, membenarkan jika kasus kematian ibu dan bayi di Sangihe mengalami peningkatan hingga 100 persen.
“Dari data yang ada, kasus kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sangihe pada tahun 2011 ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana pada tahun 2010 lalu, angka kematian ibu dan bayi hanya empat orang, tetapi pada tahun 2011, naik menjadi 10 kasus,” ujar Tandaju.
Dirinya kemudian meminta kepada para kepala Puskesmas yang tersebar di daerah ini, untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terlebih bagi para ibu hamil dan ibu yang telah melahirkan agar diberi pelayanan yang maksimal.
“Sosialisasi menyangkut pentingnya ibu hamil memeriksakan diri ke Puskesmas melalui kegiatan Posyandu juga harus dilakukan sesering mungkin,” imbuhnya.
Dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, terlebih bagi para ibu hamil, agar lebih aktif memeriksakan kandungan mereka kepada petugas kesehatan, baik itu di Pustu maupun di Puskesmas dimana tempat mereka berdomisili. Ini, tambah Tandaju, sangat penting dilakukan agar, resiko kematian ibu dan bayi saat melahirkan bisa teratasi. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading