Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Kaunang : Produksi Beras di Sulut Harus Ditingkatkan

Manado Today   |   10 Mei 2011 – 19:07 WITA

Manado Today – Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulut Ir Frits Kaunang menyatakan, produksi beras di Sulut harus ditingkatkan. Hal itu dimaksud, agar pembelian beras diluar daerah yang berdasarkan data bulog berkisar hingga Rp. 100 Miliar, dapat kita minimalisir.

Kaunang

Kaunang

“Produksi beras lokal harus kita tingkatkan. Agar pengeluaran daerah untuk membeli beras, dapat dikurangi,” kata Kaunang.

Disampaikannya lagi, salah satu cara untuk meningkatkan produksi beras, yakni dengan memanfaatkan lahan tidur, atau lahan yang sudah dibiarkan oleh petani.

“Jadi manfaatkanlah lahan tidur yang sudah dibiarkan. Itu harus menjadi tugas kita seluruh masyarakat Sulut,” terang Kaunang, seraya mengingatkan program Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur yakni Sulut Swasembada Beras 2012.

Lanjutnya mengatakan, memang dari data yang diperoleh dilapangan juga, luas persawahan didaerah ini, menurun. Dimana dulunya sekitar 64.000 hektar, menjadi sekitar 42.000 hingga 44.000 hektar. Sementara untuk Kabupaten penghasil beras, diantaranya Minahasa Selatan dari 5.000-an hektar, menjadi sekitar 2.500 hektar. Minahasa Induk dari sekitar 6.800 hektar menjadi 4.800 hektar. Dan untuk Bolmong Raya dari 36.000 hektar saat ini berkisar sisa 24.000 hektar. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading