Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kawasan Konservasi Cagar Alam Dua Sudara Terancam

Staff Manado Today   |   16 April 2011 – 11:23 WITA

Bitung Today – Kawasan konservasi cagar alam Dua Sudara saat ini kondisinya mulai terancam, bukan hanya karena pembalakan liar yang terus terjadi, namun aksi pembukaan lahan pertanian oleh para petani juga menjadi ancaman yang sangat serius.Pasalnya sejumlah petani di kelurahan Batuputih mengklaim bahwa Kuala Putih yang ditengarai masih masuk kawasan cagar alam adalah tanah mereka.

Mereka juga membantah tudingan Lurah Batuputih Selmi Katiandago telah berkebun di kawasan hutan Duasudara.

“Apa yang dikatakan lurah tidak benar, karena sudah sejak tahun 1999 saya telah berkebun di situ, dan kebun yang kami garap bukan di lokasi kawasan cagar alam, ” tandas Yuce Sasela petani Batu Putih.

Bukan hanya Sasela, namun sebanyak 30 petani yang telah memiliki peta kawasan yang jelas-jelas tidak masuk dalam kawasan cagar alam.

Ditambah lagi, mereka sudah mengantongi rekomendasi dari Dinas Kehutanan terkait pemotongan kayu dilahan tersebut, karena menurut mereka Dinas Kehutanan sudah melakukan pengecekan yang dibuktikan dengan retribusi pembayaran kayu.

Sementara itu, Kepala Resort Cagar Alam Duasudara Frans Porawouw mengatakan, aral penggunaan lahan (APL) yang diduduki para petani masih termasuk kawasan hutan.

“Hutan APL namanya adalah kawasan hutan, dan hal ini merupakan tanggung jawab dari pemerintah Daerah, “ jelas Porawouw. (lou)

Dikirim melalui Facebook Seluler

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading