Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Kawatu Jabat Dandim 1302 Minahasa

Staff Manado Today   |   20 Juni 2011 – 18:31 WITA

Minahasa Today – Jabatan Komandan Kodim 1302/Minahasa diserahterimakan dari Letnan Kolonel Arm Herman Watulangkow kepada Letnan Kolonel Inf Theo Kawatu.

Serah terima jabatan tersebut dilakukan Komandan Korem (Danrem) 131 Santiago, Kolonel Inf Robert Lumempouw disaksikan sejumlah pejabat di jajaran Korem tersebut, di Manado, Senin.

Letnan Kolonel Inf Theo Kawatu sebelumnya menjabat sebagai Dandim Sidrap, sedangkan Letnan Kolonel Arm Herman Watulangkouw selanjutnya menjabat sebagai Kepala Staf Korem 131 Santago.

Kolonel Inf Robert Lumempow mengatakan, proses penyerahan jabatan dan alih tugas di lingkungan TNI adalah suatu kebutuhan yang berkaitan dengan upaya pembinaan personel dalam rangka tour of area dan tour of duty serta sekaligus untuk memenuhi kebutuhan organisasi agar menjadi lebih dinamis.

Dalam konteks ini, siapapun yang dipercaya menempati jabatan bukan hanya karena perwira tersebut harus memenuhi kriteria prestasi, dedikasi dan loyalitas melalui pengamatan perjalanan karier yang bersangkutan.

“Tetapi juga dalam rangka pengembangan karier dan penempaan berkelanjutan untuk memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas,” kata Lumempouw.

Dengan memberikan pengalaman melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, lanjut Lumempouw, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan wawasan yang sangat diperlukan bagi perwira jajaran TNI Angkatan Darat dalam pelaksanaan tugas di masa kini dan akan datang.

Lumempouw mengatakan, secara geografis wilayah Kodim 1302/ Minahasa memiliki cukup luas, dengan potensi kekayaan alam dan hasil bumi cukup besar.

Sehingga jika potensi ini mampu diolah dengan baik akan dapat mendukung kepentingan pembangunan sekaligus dapat menunjang bagi kepentingan pertahanan negara.

“Oleh karena itu selaku komando kewilayahan yang mempunyai aparat teritorial terdepan, Kodim selalu dituntut untuk mampu memanfaatkan potensi yang ada sebagai ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan daerah ini,” katanya.

Dia mengatakan, namun demikian dari segi demografi dan kondisi sosial kepadatan jumlah penduduk yang majemuk tidak menutup kemungkinan juga dapat menimbulkan dampak kerawanan sosial tinggi seperti masalah kriminalitas, penyakit masyarakat ataupun permasalahan sosial lainnya.

Semuanya itu merupakan tantangan tugas harus dihadapi dan ditangani secara arif dan bijaksana agar tidak menimbulkan gejolak sosial yang dapat membawa permasalahan baru.

“Dengan cara terus melakukan upaya meningkatkan profesionalisme sebagai aparat teritorial yang dalam pelaksanaan tugasnya senantiasa dilandasi sikap dan tanggung jawab tinggi,” katanya.

Dia menambahkan, untuk dapat melaksanakan tugas tersebut secara maksimal selaku aparat teritorial hendaknya mampu berkoordinasi dengan baik dalam rangka bekerja sama dengan sesama aparat lain maupun dengan unsur pemerintahan setempat didalam menciptakan ketahanan masyarakat guna menangkal permasalahan yang dapat mengganggu ketertiban dan ketenangan masyarakat. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading