Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kawengian Ajak Warga Manfaatkan Limbah Sampah

Aldy Monareh   |   24 Mei 2012 – 23:06 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Sampah dinilai sebagian besar masyarakat sebagai sesuatu yang jorok, padahal jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan nilai tambah bagi warga. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan Kota Bitung Drs Yossi Kawengian, ketika memberikan arahan kepada Kepala Sekolah (Kepsek) TK dan SD se-Kota Bitung dalam rapat evaluasi dan rapat kerja, Kamis (24/5/2012) di aula SMP Negeri 2 Bitung.”Sampah jika didaur ulang dan digunakan sebaik mungkin dapat menjadi nikai tambah warga,” ujar Kawengian.

Salah satu contoh kongkrit kata Kawengian, sisa sampah plastik, jika dibuat kerajinan tangan tentu akan menghasilkan, begitupun jika dibuat kompos untuk pupuk.

”Untuk sampah plastik jika tidak dibuat kerajinan, bisa juga dikumpulkan kemudian di jula ke penampung plastik,” ujarnya.

Karena itu Kawengian menyarankan hal ini dapat diajarkan kepada siswa sejak dini bagaimana memanfaatkan sampah agar kemudian bisa  menghasilkan uang.

”Jika perilaku ini sudah diajarkan ke siswa sejak dini, tentu ini juga akan mengurangi volume sampah ke TPA. Dan tentunya juga sisa -sisa plastik ini tidak akan mengotori lingkungan,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading