Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Ke Luar Negeri, Pejabat Negara Wajib Kantongi Izin Gubernur

Staff Manado Today   |   7 April 2011 – 20:52 WITA

Manado Today – Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 11 tahun 2011, yang merupakan revisi dari Permendagri nomor 20 tahun 2005, pejabat dan pegawai daerah juga pimpinan serta anggota DPRD, harus mengantongi izin yang hanya ditandatangani oleh Gubernur atau pejabat yang ditunjuk atas nama Gubernur. Hal itu disampaikan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut, Mecky Onibala.

Foto : Mecky Onibala

Foto : Mecky Onibala

Menurutnya, dalam sosialisasi Permendagri No 11 tahun 2011 yang digelar di Bali ini, merupakan langkah untuk tertibnya administrasi perjalanan dinas pejabat negara diantaranya pejabat dan pegawai di lingkungan Kemendagri, Pemda dan pimpinan serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

‘’Dalam peraturan ini, hal utama yang ditekankan yakni perjalanan dinas ke luar negeri hendaknya dilakukan dengan sangat selektif dan hanya terhadap kepentingan dan prioritas yang berkaitan dengan peningkatan hubungan kerjasama luar negeri oleh pemerintah pusat dan daerah,’’ ungkap Onibala.

Disampaikannya lagi, dalam mempermudah pengadministrasian dan koordinasi, bagi pejabat yang berangkat ke luar negeri, ditekankan dalam Permendagri ini, agar disetiap Provinsi terdapat sebuah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki tugas menangani perjalanan dinas.

‘’Jadi akuntabilitas perjalanan dinas, dilakukan pengawasan secara administrasi dan keuangan oleh pejabat yang berwenang sesuai peraturan perundang-undangan, dan hasil perjalanan dinas paling lama 7 hari kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, B. Mononutu SH mengatakan, untuk menindaklanjuti Permendagri itu, akan dilakukan sosialisasi ke seluruh pejabat dan pegawai serta pimpinan dan anggota DPRD.

“Kami akan lakukan sosialisasi Permendagri ini. Agar kedepan, hasil perjalanan dinas keluar negeri, akan lebih akuntabel,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading