Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Keberangkatan Aparat Pemerintah di Mitra Ke Israel Terus Disorot

Redaksi Manado Today   |   28 Maret 2011 – 20:23 WITA

Sekdakab dan Asisten III Beda Penjelasan Soal Sumber Dana

Ratahan Today- Setelah aktivis Minahasa Tenggara Caruption Watch (MTCW) Jefry Oding Rantung mempermasalahkan kebijakan Bupati Telly Tjanggulung memberangkatkan sejumlah besar aparat pemerintahan Mitra seperti Camat, Lurah dan Hukum Tua ke Israel. Saat ini, muncul lagi kritikan pedas kepada pemerintah Kabupaten Pemulihan ini dari para aktivis yang tergabung dalam LSM Patokan Esa diwakilin koordinator Anggli Pangauw.

Kepada manadotoday Pangauw mengatakan, pihaknya melihat pemkab Mitra yakni Bupati telah melakukan kebijakan yang merugikan dan menyengsarakan seluruh rakyat Mitra.

Sebab seharusnya menurut Pangauw, Bupati selaku pengambil kebijakan yang tertinggi di kabupaten ini berpikir secara merakyat, sebab bupati merupakan pilihan rakyat, sehingga seharusnya program pemberdayaan kepada masyarakat kecil yang lebih pantas di utamakan dari pada hanya melakukan kebijakan yang tak bersentuhan langsung terhadap kepentingan masyarakat Mitra pada umumnya. “Keberangkatan ke Israel hanya menyenangkan segelintir orang sebab ini hanyalah untuk kesenagan atau pelesir semata,” kata Pangau mencontohkan.

Selanjutnya Pangauw mengatakan sumber pembiayaan kebarangkatan itu yang diambil dari insentif yangb tertata dalam Alokasi Dana Desa (ADD). “Perlu dijelaskan kepada masyarakat tentang sumber dana sebenarnya yang digunakan. Memang benar bahwa biaya keberangkatan hukum tua merupakan uang pribadi yang diambil dalam insentifnya hukum tua, tetapi ada hal yang patut dikatahui dan dijelaskan secara transparan dan benar yakni sumber insentif hukum tua yang semuala hanya 1 juta mendadak naik menjadi 2.2 juta ini. Dalam hal ini kami menantang Bupati untuk secara transparan membeberkan sumber dana insentif Hukum Tua yang tadinya hanya 1 juta mendadak naik menjadi 2.2 Juta rupiah,“ papar Pangauw.

Pangau selanjutnya menyebutkan informasi jika tahun ini ADD setiap desa mengalami pengurangan delapan juta rupiah untuk ditambahkan pada insentif hukum tua yang mengalamai kenaikan dari satu juta rupiah menjadi 2,2 juta rupiah. Sehingga pihaknya menilai terjadi kebijakan pemerintah yang terkesan mencaplok hak masyarakat lewat dana ADD.

“Jika memang ada bentuk perhatian pemerintah kabupaten utuk peningkatan pembangunan dan kesejahtraan masyarakat desa, tidak seharusnya dana ADD-nya itu harus disunat seperti itu dan kami juga mempertanyakan, alasan pemkab yang mengatakan keberangkatan ke Israel para hukum tua sebagai bentuk pengahargaan atas kegigihan para hukum tua dalam penagihan pajak sehingga harus lunas 100 persen. Dan satu hal lagi yang kami sesali sesuai dengan hasil temuan BPK ada pajak dikabupaten Mitra yang belum disetorkan,“ tandas Pangauw panjang lebar.

Sementara itu hasil konfirmasi antara Plt Sekdakab Mitra Drs. Fredy Lendo dan Asisten III Drs Feibe Rondonuwu M.Si, terkesan bertentangan. Dimana menurut Lendo sesuai pengakuan Asisten III, sumber dana yang di pakai untuk keberangkatan para Camat, Lurah dan Hukum Tua yang diambil dari insentif ADD yang dinaikan dari 1 juta menjadi 2.2 juta, belum dicairkan. Dan Rondonuwu sendiri melalui telephone genggam mengatakan, dana yang di pakai untuk keberangkatan Camat, Lurah dan Hukum Tua di ambil dari dana insentif ADD, sedangkan yang menjadi alasan dinaikan insentif ADD-nya menjadi 2.2 karena pengahargaan yang diberikan Bupati atas kegigihan para hukum tua dalam penagihan pajak sehingga harus lunas 100 persen. “ ini bentuk penghargaan Bupati kepada perangkat desa yang sudah berusaha mencapai terget pelunasan pajak,“singkatnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading