Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Kebisingan Kawasan Kantor Walikota Manado Lewati Kepmen LH No. 48/1996

Tonny Sumakul   |   11 November 2011 – 23:14 WITA

Manado, MTC – Tingkat kebisingan di kawasan kantor Walikota Manado, saat ini telah melewati Kepmen Lingkungan Hidup (LH) nomor 48 tahun 1996. Hal itu terbukti lewat pengukuran kualitas udara ambien di Kota Manado yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut tanggal 26 dan 27 Mei 2011 lalu, misalnya iklim, gas (CO, NO2,SO2,03,H2S), debu, dan tingkat kebisingan di sembilan lokasi berbeda di Ibukota Sulut tersebut.
kantor walikota manadoMenurut Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun BLH Sulut, Sonny Runtuwene SE, tingkat kebisingan depan kantor walikota Manado itu, hasilnya 65,2 dB A. Padahal, sesuai Kepmen LH No. 48/1996 tentang baku mutu tingkat kebisingan untuk perkantoran dan perdagangan tak boleh melebihi 65 dB A, dan untuk fasilitas umum 60 dB A.
“Jadi dalam hitungan Kepmen LH No. 48/1996, sudah melebihi 0,2 dB A,” kata Runtuwene seraya menambahkan pengukuran tersebut dilakukan di sembilan lokasi di Kota Manado.
Lanjutnya mengatakan, selain kawasan depan kantor Walikota Manado, tingkat kebisingan yang sudah melewati Kepmen tersebut, yakni terminal Karombasan, dimana dalam hitungan pada pengukuran lalu, sudah berada di 67,7 dB A. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

  • Ardhana Putra mengatakan:

    Kalau ditinjau dari prinsip akustik atau fisika maka nilai perbedaan sebesar 0.2 dBA dari baku mutu bukanlah nilai yang significant. Dalam besaran dB atau decibel perbedaan yang dianggap significant adalah sekitar 5 dB atau lebih. Jadi tingkat bising disekitar kantor walikota Menado tersebut bukanlah hal yang ‘membahayakan’. Dalam memberlakukan peraturan atau baku mutu diperlukan pula pemahaman yang baik tentang arti fisis dari angka-angka baku mutu tersebut sehingga diperoleh kebijakan yang ‘bijak’. Terimakasih

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading